Ketika mulut Anda kering, kelembapan di dalamnya juga ikut hilang. Untuk itu sebaiknya membatasi jenis minuman beralkohol atau tinggi gula tambahan.

Anda disarankan memperbanyak asupan air putih supaya kelembapan mulut terjaga dan tubuh tidak dehidrasi.

  1. Menggosok lidah

Lidah merupakan bagian dalam mulut yang rentan berkerak dan bisa menumpuk bakteri. Hal itu biasanya disebabkan oleh sisa makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Anda dapat membersihkannya dua kali sehari memakai alat khusus sikat lidah, terutama setelah menggosok gigi.

Menggosok lidah sangat penting untuk memastikan sisa kotoran dalam mulut benar-benar hilang, dan tidak ada kesempatan bakteri untuk berkembang.

  1. Obat kumur
BACA JUGA :  Bejat, Ayah di Buleleng Perkosa Putri Kandung Berusia 7 Tahun

Obat kumur dapat membantu menghilangkan bau napas yang tidak sedap. Sebaiknya dilakukan setelah sikat gigi dan menggosok lidah.

American Dental Association merekomendasikan obat kumur jenis terapeutik yang kaya bahan aktif seperti klorheksidin, minyak esensial, fluor, peroksida, cetylpyridinium chloride.

Bahan-bahan aktif tersebut diklaim ampuh membasmi jamur serta bakteri di mulut penyebab bau, sekaligus menghilangkan plak dan menjaga gusi dari kerusakan.

  1. Konsultasi ke dokter
BACA JUGA :  Tega, Suami di Tuban Cekik Istri hingga Tewas, Diduga usai Cekcok

Tak menutup kemungkinan jika masalah bau mulut dapat berkaitan pada kondisi penyakit tertentu, sehingga pemicunya tidak selalu dari gigi berlubang atau mulut yang kotor.

Penderita sinusitis umumnya rentan mengalami bau mulut. Sebab mereka mengalami penumpukan lendir yang mengandung bakteri dari hidung, lalu turun ke tenggorokan.

Serupa dengan penderita asam lambung, ginjal, dan diabetes. Mereka akan merasakan bau mulut dengan aroma seperti kotoran, sehingga harus dikonsultasikan ke dokter ahli.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================