Ini Dia Cara Menghilangkan Bau Mulut yang Perlu Diketahui

BOGOR-TODAY.COM – Bau mulut memanglah sangat berpengaruh untuk kepercayaan diri. Tak hanya mengganggu diri sendiri, bau mulut juga bisa mengganggu orang lain jika pada menciumnya ketika sedang berbicara.

Ada berbagai cara menghilangkan bau mulut yang bisa dilakukan, mulai dari menjaga kebersihan gigi hingga membatasi makan makanan tertentu.

Berikut cara menghilangkan bau mulut yang perlu diketahui, simak ini!

  1. Rutin memeriksa kesehatan gigi

Rutin memeriksa kesehatan gigi idealnya setiap 6 bulan sekali Anda wajib memeriksakan kesehatan mulut dan gigi secara menyeluruh, terutama rutin scaling gigi. Hal itu berguna untuk membersihkan plak atau karang gigi yang sudah keras.

Karang gigi yang dibiarkan menumpuk dapat menjadi tempat bakteri berkembang biak. Jika keberadaannya dibiarkan, maka dapat menyebabkan bau mulut. Oleh karena itu, melakukan scaling bisa menjadi solusi untuk mengatasi bau mulut.

Baca Juga :  Layaknya Pawang Hujan, Wanita Paruh Baya Ini Pukul Air Banjir dengan Tasbih

Selain itu, rutin memeriksa gigi dan mulut dapat meminimalkan risiko gingivitis dan penyakit periodontal yang menjadi penyebab bau mulut.

  1. Menyikat gigi dua kali sehari

Cara agar tidak bau mulut adalah menyikat gigi dua kali sehari. Terutama di pagi dan malam hari, dengan masing-masing durasi 2 menit per sesi.

Gunakan sikat gigi berkualitas terbaik atau bisa yang berjenis elektrik. Sistem pada sikat gigi elektrik cukup efektif dalam mengangkat sisa plak di area gigi dan mulut.

Selain itu, pilih pasta gigi berkualitas terbaik yang mengandung antibakteri supaya sisa makanan di sela-sela gigi dan area mulut bersih maksimal.

  1. Menghindari makanan tertentu
Baca Juga :  Jembatan Ledeng Sindangsari Akhirnya Selesai Perbaikan, Warga Kini Sudah Bisa Melintasi

Banyak mengonsumsi makanan yang mengandung bawang-bawangan menjadi pemicu timbulnya bau mulut. Sebaiknya, hindari dulu makanan mengandung bawang apabila akan bertemu seseorang.

Menurut American Dental Association, sikat gigi setelah makan makanan mengandung bawang tidak akan ampuh membasmi aroma bau mulut.

Sebelum menyikat gigi, Anda bisa makan buah apel, minum air lemon, atau susu untuk meringankan bau dan napas tak sedap. Setelah itu baru menyikat gigi dan memakai obat kumur antibakteri.

  1. Membatasi minuman tertentu

Minuman beralkohol dan manis dinilai rentan menghasilkan bau mulut. Sebab bisa membuat mulut jadi kering.