SEAMEO Biotrop
SEAMEO Biotrop mengembangkan kawasan Agroekoeduwisata di Kampus SEAMEO Biotrop, Kota Bogor, Rabu (5/10/2022). Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORSEAMEO Biotrop mengembangkan kawasan Agroekoeduwisata di Kampus SEAMEO Biotrop, Kota Bogor, Rabu (5/10/2022). Program yang merupakan bentuk pariwisata dengan memadukan bentang alam (ekosistem) serta pendidikan berbasis pertanian sebagai daya tarik atau destinasi bagi wisatawan dan pengunjung.

Direktur SEAMEO Biotrop Zulhamsyah Imran menjelaskan, agroekowisata dirancang untuk menyatukan unsur-unsur ekosistem dan memanfaatkan landscape dan fasilitas ramah lingkungan dalam mendidik masyarakat tentang nilai-nilai keanekaragaman hayati.

SEAMEO Biotrop

Selain pengalaman yang menyenangkan, Agroekoeduwisata SEAMEO Biotrop bertujuan untuk memberikan pengetahuan ilmiah yang meliputi Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM).

BACA JUGA :  Takjil Buka Puasa dengan Bubur Mutiara, Ini Dia Resepnya

“Untuk kegiatan yang bersifat laboratorium, bagaimana melakukan uji coba membuat parfum, sabun dan minyak atsiri menjadi bagian yang akan disampaikan kepada pengunjung,” jelas Zulhamsyah.

Disamping itu, pengunjung juga akan mendapatkan pengetahuan tentang urban agriculture sistem hidroponik dan akuaponik. Termasuk cara beternak lebah madu tanpa sengat.

“Masih ada beberapa fasilitas baru, di antaranya lebah tanpa sengat, sensory garden, terapetik garden, area camping dan kebun buah-buahan, termasuk juga ada kebun jati,” katanya.

BACA JUGA :  Bima Arya Takziah ke Keluarga Korban Longsor, Pastikan Penanganan Berjalan

SEAMEO Biotrop

Di kawasan ini, terang Zulhamsyah, pihaknya juga mengkonservasi tumbuhan langka, seperti gaharu, cendana, meranti dan trembesi. Keberadaan pohon-pohon itu diharapkan kedepan bisa memberikan manfaat memproduksi banyak oksigen untuk Kota Bogor.

Agroeduwisata SEAMEO Biotrop dibuka untuk masyarakat umum. “Saat ini sampai satu tahun kedepan masih free, sambil menyiapkan semua tempat yang akan dikunjungi. Tapi mudah-mudahan kita tidak orientasi komersial, hanya sekedar untuk bagaimana mencukupi biaya operasional dan maintenance cost,” pungkasnya. (Aditya)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================