Simak Ini! Cara Mengatasi Gigi Berlubang yang Perlu Diketahui

BOGOR-TODAY.COM – Gigi berlubang yang tak lekas ditangani ditangani akan menimbulkan kerusakan, sulit mengunyah, infeksi, hingga risiko gigi tanggal.

Anda perlu segera ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat jika sudah merasakan gejalanya. Cara mengatasi gigi berlubang bergantung dengan tingkat keparahannya.

Gigi berlubang adalah kerusakan gigi permanen akibat terkikisnya lapisan enamel sehingga terbentuklah lubang atau karies.

Gigi berlubang rentan dialami siapa pun, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa.

Cara mengatasi gigi berlubang

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Menang Tipis 0-1 Lawan Australia

Apabila gigi berlubang tidak segera ditangani, lubangnya akan semakin besar dan menembus lapisan gigi yang lebih dalam. Berikut lima hal yang harus dilakukan jika gigi berlubang.

  1. Perawatan fluoride

Perawatan fluoride biasanya akan diberikan untuk pencegahan atau pada kasus lubang pada gigi yang baru muncul. Perawatan fluoride membantu memulihkan lapisan email gigi dan mencegah lubang semakin dalam.

  1. Tambal gigi

Tambal atau restorasi gigi adalah bentuk perawatan yang dilakukan jika kondisi gigi telah mengalami pembusukan tahap awal.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Rabu 24 April 2024

Pada proses ini, dokter akan menghilangkan bagian gigi yang rusak dengan alat bor. Kemudian, gigi akan diisi oleh bahan tambalan berbahan khusus seperti komposit resin, GIC, porselen, atau amalgam. Dengan begitu, lubang akan kembali tertutup dan gigi dapat berfungsi normal kembali.

  1. Perawatan saluran akar

Perawatan saluran akar (PSA) atau root canal treatment perlu dilakukan apabila kerusakan telah mencapai akar gigi atau terjadi pembusukan akar.

============================================================
============================================================
============================================================