3. Putih telur

Ingin makan telur? Tidak masalah, asalkan pasien penyakit ginjal hanya mengonsumsi putih telurnya. Seperti dikutip dari laman National Kidney Foundation, putih telur akan jadi sumber protein yang rendah kalium.

  1. Nanas

Banyak sekali buah-buahan tropis yang tinggi kalium seperti jeruk, pisang, dan kiwi. Sayangnya asupan tinggi kalium tak disarankan bagi pasien penyakit ginjal.

Namun, Anda tetap bisa menikmati nanas sebagai buah tropis yang rendah kalium dan ramah buat ginjal.

Nanas tinggi akan kandungan serat, mangan, vitamin C dan bromelain yakni enzim yang membantu mengurangi inflamasi.

  1. Blueberry

Blueberry tinggi kandungan antioksidan, khususnya anthocyanin yang mampu melindungi tubuh dari penyakit jantung, kanker tertentu, penurunan kognitif, dan diabetes.

BACA JUGA :  Timnas Indonesia Masih Berpeluang ke Olimpiade 2024 Paris

Buah ini pun ramah buat ginjal karena rendah sodium, fosfor, dan kalium. Ginjal yang pernah mengalami kerusakan akan sulit membuang kadar sodium dan fosfor berlebih.

  1. Ikan-ikan berlemak

Ikan salmon, tuna, dan ikan kembung tinggi kandungan asam lemak omega 3. Asam lemak omega 3 sangat baik untuk tubuh dan bermanfaat untuk diet apa pun.

Seperti dikutip dari Medical News Today, asam lemak omega 3 bisa mengurangi kadar lemak dalam darah dan sedikit menurunkan tekanan darah. Tekanan darah merupakan salah satu faktor risiko penyakit ginjal.

  1. Anggur merah
BACA JUGA :  Marsinah, Aktivis yang Tewas Misterius saat Perjuangkan Hak Buruh

Di balik rasanya yang manis, anggur merah banyak mengandung vitamin C dan antioksidan yang disebut flavonoid. Flavonoid terbukti mampu mengurangi peradangan.

  1. Apel

Apel baik untuk diet ginjal sebab mengandung jenis serat yang mengandung pektin. Pektin bisa membantu mengurangi beberapa faktor risiko kerusakan ginjal seperti gula darah tinggi dan kadar kolesterol.

  1. Ayam tanpa kulit

Pasien penyakit ginjal harus benar-benar memperhatikan asupan protein. Ayam tanpa kulit bisa jadi pilihan protein yang tepat.

Ayam tanpa kulit mengandung lebih sedikit fosfor, kalium, dan sodium ketimbang ayam utuh dengan kulit.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================