daun binahong

BOGOR-TODAY.COM – Salah satu tanaman herbal yang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan adalah daun binahong. Daun ini mengandung antioksidan, polifenol, flavonoid, hingga protein yang baik untuk tubuh.

Di Indonesia, binahong banyak ditanam di pekarangan rumah dan termasuk dalam tanaman obat keluarga atau TOGA yang berkhasiat mengatasi masalah sakit perut, nyeri haid, hingga menyembuhkan luka.

Manfaat daun binahong

Berikut ini adalah sejumlah manfaat daun binahong untuk kesehatan.

  1. Meningkatkan tekanan darah

Tekanan darah yang rendah membuat tubuh lesu dan tentunya berbahaya saat harus banyak beraktivitas karena mudah pingsan. Jika Anda memiliki hipotensi atau tekanan darah rendah, Anda dapat meningkatkannya dengan bahan alami seperti daun binahong.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Minggu 19 Mei 2024

Anda dapat membuat ramuan herbal dari binahong dengan merebus 8 buah daunnya dalam 2 gelas air. Pastikan untuk mengonsumsinya setidaknya sekali sehari.

  1. Meredakan nyeri haid

Daun binahong juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi masalah nyeri saat menstruasi atau haid.

Caranya dengan merebus 3 lembar daun binahong hingga matang. Anda dapat mengonsumsi minuman herbal ini satu hari sekali saat datang bulan.

  1. Mengatasi sakit perut

Sakit perut akibat telat makan dapat diatasi dengan mengonsumsi daun binahong. Kandungan dalam daun binahong dapat meredakan sakit perut akibat telat makan atau makan tidak teratur.

BACA JUGA :  SKCK Goes to School, Polresta Bogor Kota Redam Kenakalan Remaja Lewat Aplikasi

Daun binahong telah tersedia dalam bentuk teh atau suplemen, Anda dapat membelinya untuk asupan tambahan sehari-hari.

  1. Merawat kulit

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam daun binahong juga dapat bermanfaat untuk merawat kulit. Antioksidan sendiri dibutuhkan kulit agar tetap sehat dan mencegah penuaan dini.

Anda dapat menggunakan daun binahong sebagai masker alami. Caranya dengan menumbuk daun binahong hingga halus dan oleskan pada wajah.

  1. Mengobati batuk

Daun binahong juga dapat dimanfaatkan untuk mengobati batuk. Jika Anda yang sedang menghindari minum obat batuk berbahan kimia, daun binahong dapat menjadi alternatif pengobatan secara alami.

============================================================
============================================================
============================================================