Ternyata Ini Alasan Mengapa Meriang Bikin Badan Terasa Dingin

BOGOR-TODAY.COM – Menggigil kedinginan di cuaca yang biasa saja padahal tidak demam, ketika mengecek suhu tubuh ternyata normal. Kondisi ini tentu membuat bingung. Lantas kenapa badan terasa dingin tapi tidak demam?

Tubuh yang menggigil adalah sensasi dari perasaan dingin. Kondisi ini biasanya muncul ketika seseorang mengalami demam.

Demam bisa terjadi saat suhu tubuh seseorang lebih tinggi dari biasanya. Namun, seseorang juga dapat mengalami kedinginan tanpa demam. Tentu ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling Kabupaten Bogor, Kamis 2 Mei 2024

Penyebab badan dingin tapi tidak demam

Berikut ini adalah alasan mengapa badan dingin padahal tidak demam.

  1. Gula darah rendah

Hipoglikemia atau gula darah rendah bisa membuat tubuh kedinginan. Saat tubuh tidak memiliki cukup gula, dia akan mencari cara untuk mendapatkan lebih banyak energi dan mengaktifkan berbagai hal.

Menukil laman Men’s Health, salah satu hal yang diaktifkan adalah sistem saraf simpatik. Ketika saraf ini aktif, bisa menghasilkan gejala seperti kedinginan, berkeringat, jantung berdebar, dan penglihatan kabur.

  1. Anemia
BACA JUGA :  Kecelakaan Bus Pariwisata Angkut Puluhan Penumpang di Kulonprogo

Anemia bisa dialami siapa saja. Kondisi ini terjadi saat seseorang tidak memiliki cukup zat besi dalam darahnya. Gejala yang paling umum termasuk merasa lelah, pucat, dan selalu merasa kedinginan.

============================================================
============================================================
============================================================