Curug Pangeran
Foto : Instagram @curugpangeran.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Curug Pangeran terletak di Kawasan Wisata Gunung Bunder bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS), Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Namun, Dibalik keindahannya, Curug Pangeran ternyata memiliki kisah mistis yang cukup kental dikalangan masyarakat maupun wisatawan lokal yang berkunjung.

Kisah itu diungkapkan salah seorang warga sekitar berinisial SJ (45). Ia menyebut, Curug Pangeran dahulunya merupakan tempat patilasan (persinggahan) seorang raden yang merupakan sahabat karib anak Prabu Siliwangi, Raden Kian Santang dari Kerajaan Padjajaran.

Yang lebih mengejutkannya lagi, tidak sedikit dari warga sekitar curug kerap mendengar alunan musik tradisional Sunda yang menggema begitu jelas di sekitar kampung pada setiap malam Jumat.

BACA JUGA :  Bocah 5 Tahun di Bogor Ditemukan Meninggal Dunia, Terjepit di Bebatuan Sungai

Tak hanya musik gamelan, warga juga selalu mendengar segerombolan orang mandi.

“Merindingnya kalau setiap malam Jumat, warga suka mendengar kerumunan orang yang sedang bermain degungan, jaipong, dan bunyi kereta kencana. Alasan itulah, nama curug itu dinamakan Curug Pangeran,” jelas dia.

Selain itu, warga lainnya juga mempercayai jika air terjun tersebut memiliki khasiat yang sama seperti Curug Cigamea dan Curug Kondang yakni, jika ada seseorang sulit mendapatkan jodoh dan mandi di sana (Curug Pangeran), akan segera mendapatkan jodoh dan airnya bisa membuat awet muda.

“Kalau dari cerita orang sini, air curugnya itu bisa membuat awet muda bagi orang yang mandi di sana,” tuturnya.

BACA JUGA :  Kawasan Puncak Dua Akan Ditata Ulang, Ini Langkah Satpol PP Kabupaten Bogor

Berdasarkan kisah mistis itulah, para pengunjung tidak diperkenankan untuk camping atau menginap di malam Jumat di lokasi wisata Curug Pangeran.

Karena kepercayaan tersebut yang masih sangat kental di curug ini, traveler yang hendak datang harus sangat berhati-hati dan menjaga segala perbuatan dan sikap, juga pakaian yang travel kenakan harus sopan.

Memiliki ketinggian kurang lebih 6 meter, membuat air terjun ini memiliki air yang sangat jernih ditambah lagi dengan adanya pantulan cahaya, yang membuat warna air menjadi hijau kebiruan dan membuat mata traveler dimanjakan dengan keindahan alamnya.

======================================
======================================
======================================