Dies Natalis ke-42
Dies Natalis ke-42, Universitas Pakuan mengenalkan mengenalkan Green Campus Universitas Pakuan. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORDies Natalis ke-42, Universitas Pakuan (Unpak) mengenalkan mengenalkan Green Campus Universitas Pakuan. Kebijakan ini telah dituangkan dalam Peraturan Rektor Universitas Pakuan tentang Pedoman Pelaksanaan Green Campus.

Rektor Universitas Pakuan Prof. Dr. rer. pol. Ir. H. Didik Notosoedjono, M.Sc mengungkapkan, Green Campus ini akan meliputi Penambahan Ruang Terbuka Hijau, Peremajaan pohon atau tanaman, penyemaian tanaman/anursery untuk kampus, pengembangan laboratorium kebun percobaan Biologi

“Peningkatan attitude, mindset dan perilaku Pro Lingkungan melalui Pendidikan dan Riset tentang SDGs, Pembuatan Web tentang Green Campus, Riset dan Pengabdian Masyarakat yang mendukung Pendidikan Berkelanjutan, Memasukkan konsep Pendidikan Lingkungan di Kurikulum Universitas Pakuan,” jelasnya.

Lebih lanjut, Prof Didik menuturkan, aturan dan kebijakan tentang Green Campus telah ada dalam :

  1. Peraturan Rektor tentang Pedoman pelaksanaan Green Campus
  2. SK Rektor tentang Kebijakan Green Campus
  3. SK Rektor tantang Kebijakan Pengurangan Kertas dan Plastik
  4. SK Rektor tentang Penghematan Energi
  5. SK Rektor tentang Penggelolaan Bangunan Gedung
  6. Surat Edaran tentang Emisi
  7. Surat Edaran Penggunaan Kantong Plastik
  8. Surat Edaran Kebijakan Air Bersih dan Sanitasi
  9. Surat Edaran Implementasi Tridharma Perguruaan Tinggi.
BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Kamis 28 Maret 2024

Pengelolaan Limbah dan Sampal secara Terpadu dan berkelanjutan. Pembuatan composting center/Biogas, Penyiapan manajemen pengelolaan sampah secara terpadu, Penerapan berbagai kebijakan terkait pengelolaan sampah secara mandiri di lingkungan kampus, Kerjasama dengan masyarakat dalam pemanfaatan material daur ulang

Sementara itu, Dosen Universitas Pakuan yang juga mantan Rektor Unpak, Prof. Bibin Rubini, M.Pd mendukung penuh langkah yang dilakukan Prof. Didik tersebut.

BACA JUGA :  Polisi Tangkap Oknum Satpol PP yang Nekat Curi Speaker Aktif di Toko Elektronik

“Saya sebagai dosen di Universitas Pakuan harus memberikan satu dukungan baik moril maupun materil terhadap rencana yang akan dilakukan oleh Rektor Prof. Didik Notosujono,” ucapnya.

Menurut Prof. Bibin, program Green Campus tersebut merupakan implementasi dari program keberlanjutan dari program-program Unpak yang yang dicanangkan.

“Ini artinya ada satu pembaharuan yang digagas oleh Pak Rektor untuk lebih bisa menjangkau, karena tahun – tahun sebelumnya juga pernah program Green Campus, dan sekarang lebih pada implementasinya,” jelasnya.

“Green Campus itu tidak selamanya harus banyak tumbuhan di dalam kampus saja, tapi lebih dari kesadaran seluruh sivitas kampus akademika, yakni membentuk budaya sivitas akademika untuk lebih peduli pada budaya yang berbasis pada kelestarian lingkungan,” tandasnya. (B. Supriyadi)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================