Perkembangan celana jeans
Perkembangan Celana Jeans dari Masa ke Masa Hingga Menjadi Tren Fashion Sejuta Umat. Foto : Freepik.com

BOGOR-TODAY.COM – Perkembangan celana jeans tak lepas dari jasa seorang penjahit asal Amerika bernama Jacob W Davis.

Perkembangan celana jeans dari awal hingga saat ini sangat menarik untuk diikuti karena celana yang awalnya diperuntukkan untuk para pekerja, saat ini sudah menjadi trend fashion yang mendunia.

Melansir Wikipedia.org, Jeans muncul pada tahun 1950-an. Jeans adalah jenis celana yang dibuat dari bahan yang keras dan kuat yang disebut denim. Jeans sering dikenakan sebagai pakaian kerja. Terkadang kata Jeans diindikasikan untuk model Jeans biru.

Jeans diperkenalkan di Amerika Serikat oleh Levi Strauss pada tahun 1872. Pada akhir 1800-an, jeans dikenakan oleh buruh tambang dan saat itu bahan yang digunakan adalah berasal dari kain terpal.

BACA JUGA :  Gertak PSN di Kota Bogor, Libatkan Siswa Berantas Sarang Nyamuk

Perkembangan celana jeans

Pada tahun 1950-an, menjadi mode populer bagi remaja. Pada masa itu pula, jeans menjadi bagian mode rockabilly bagi mereka. Pada dasawarsa 2000-an, jin menjadi jenis celana terkenal, dan dikenakan sebagai pakaian kerja dan pakaian mode tidak tetap. jeans dibuat dalam banyak bentuk dan warna.

Kata jeans berasal dari nama Prancis bagi kota di Italia di mana kain katun dibuat. Nama kota itu, Genoa, dieja “jene” dalam bahasa Inggris Pertengahan dan “Gênes” dalam bahasa Prancis. Bahasa Indonesia kemudian memadankan katanya menjadi jeans.

Kemudian beberapa penenun yang berasal dari Nimes, Perancis ingin membuat jenis kain tersebut. Namun usaha meniru jenis kain tersebut mengalami kegagalan.

BACA JUGA :  Cemilan Kreasi dengan Bakso Rambutan Goreng yang Renyah Bikin Nagih

Justru kegagalan yang dihasilkan ini menciptakan sebuah jenis kain baru dengan memiliki karakteristik kain yang kuat. Sehingga jenis kain baru ini diberi nama Serge de Nimes. Nama ini akhirnya sangat populer dengan sebutan ‘Denim’.

Perkembangan celana jeans

Celana ini awal mulanya dibuat berdasarkan permintaan dari para penambang emas di Amerika. Bekerja ditambang yang sangat berat ini membuat pakaian yang mereka kenakan mudah sekali sobek sehingga salah satu istri dari seorang penambang ini berusaha mencari penjahit dengan tujuan untuk dibuatkan celana dengan daya tahan yang kuat dan tidak mudah robek. Akhirnya bertemulah seorang penjahit yang bernama Jacob Davis.

============================================================
============================================================
============================================================