5 November 2022
Ilustrasi kalender peringatan.

BOGOR-TODAY.COM5 November 2022 menjadi catatan 3 peringatan penting yang jarang diketahui.

Melansir beberapa sumber, berikut 3 peringatan yang jatuh pada 5 November. Apa saja?

  1. Tumpek Landep
5 November 2022
Pelaksanaan upacara Tumpek Landep di Pande Keris Urip Wesi Tapa Karya, Jalan Ratna, Banjar Tatasan Kelod, Desa Tonja, Denpasar. Foto : YUDA/nusabali.com

Tumpek Landep dirayakan saat Saniscara Kliwon wuku Landep setiap enam bulan sekali. Tumpek Landep adalah hari raya umat Hindu yang dikhususkan untuk memohon keselamatan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam wujud Dewa Senjata (Pasupati).

Hari ini dirayakan sebagai ungkapan rasa terima kasih umat Hindu terhadap Sang Hyang Widi Wasa yang turun ke dunia dan memberikan ketajaman pemikiran kepada manusia. Ketajaman itu layaknya senjata yang berbentuk lancip atau runcing seperti keris, tombak dan pedang.

BACA JUGA :  Polisi Ungkap Angka Kecelakaan Tahun Ini Menurun 18 Persen

Tak hanya itu, Tumpek Landep juga mengajarkan manusia, khususnya umat Hindu, agar dapat menggunakan dan memanfaatkan benda yang terbuat dari logam dalam kehidupan sehari hari.

Perayaan Tumpek Landep bisa dilakukan di rumah dan pura dengan mengumpulkan benda-benda pusaka atau benda yang terbuat dari logam. Tidak hanya yang terbuat dari logam, barang atau benda yang mengandung unsur logam, seperti sepeda motor, mobil, alat rumah tangga, dan lain-lain juga ikut diupacarakan dan diberikan hiasan khusus dari janur yang disebut tamian.

BACA JUGA :  Resep Membuat Semur Daging dan Kentang untuk Menu Andalan Keluarga
Saat upacara, benda-benda tersebut diberikan sesajen agar dapat mempermudah dan memperlancar kegiatan manusia dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

2. Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional

============================================================
============================================================
============================================================