Pramuka
Pesta Siaga 2022 yang digelar di area Kantor Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (5/11/20220). Foto : Malik Baihaqi.

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Setelah terjeda karena kondisi pandemi Covid-19, Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwaran) Tamansari yang berwilayah di Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor kembali memicu semangat giat kepramukaan. Salah satunya melalui Pesta Siaga 2022 yang digelar di area Kantor Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (5/11/20220).

Acara yang dibuka oleh Ketua Kwaran Tamansari, Ade Jojo melibatkan 264 anggota tingkat Siaga dari 22 Gugus Depan yang mengikuti kegiatan tersebut.

Pramuka

Pesta Siaga diisi dengan berbagai bentuk kegiatan diantaranya karnaval, permainan, ketangkasan dan pementasan seni budaya.

“Selain mengairahkan kembali kegiatan kepramukaan di Tamansari, Pesta Siaga juga merupakan upaya kami dalam melakukan pembinaan karakter, melatih kecakapan dan silaturahmi antar anggota pramuka di tingkat Siaga,” jelas Ade Jojo.

BACA JUGA :  Seleksi Paskibraka Kota Bogor Dibuka, Pendaftaran Online Jaring 36 Siswa

Ade menegaskan, pertemuan pramuka untuk golongan siaga ini dikemas dalam bentuk rekreatif sehingga menjadi ajang pertemuan yang menyenangkan, sekaligus meningkatkan pengetahuan, pengalaman, keterampilan, mengembangkan kekeluargaan dan persaudaraan antar sesama pramuka siaga.

“Sedianya Pesta Siaga dilakukan setiap tahun, namun baru bisa terlaksana tahun ini setelah kondisi pandemi Covid-19 mulai membaik dan peserta didik sudah diperbolehkan melakukan pertemuan tatap muka,” tambah Ade.

Karenanya, rencana penyediaan Bumi Perkemahan (Buper) Tamansari oleh Pemerintah Daerah menjadi harapan besar bagi seluruh anggota pramuka di Kecamatan Tamansari.

BACA JUGA :  Peringati Hari Kartini, Sendi Fardiansyah Beri Penghargaan Mak Nonong

Buper juga dapat menjadi tempat bagi kegiatan kepramukaan seperti Pesta Siaga, Jambore, Tapakan Garuda atau pelatihan lainnya yang sudah mulai digelar.

Rencana yang pernah disebutkan dalam Pra Musda wilayah Tamansari itu diwacanakan akan dilaksanakan pada 2024-2026.

“Kami tentu mendukung dan menyambut niat baik penyediaan Bumi Perkemahan di wilayah Tamansari,” tanggap Ade Jojo.

Ia memaparkan Bumi Perkemahan Tamansari akan menjadi tempat yang efektif bagi pendidikan pramuka. Selain dapat digunakan sebagai area perkemahan, juga dapat dibuat balai pelatihan bagi kekaryaan dan peningkatan kualitas anggota Gerakan Pramuka.

============================================================
============================================================
============================================================