Angga Wijaya, Sekretaris Kwaran Tamansari menambahkan, kegiatan seperti ini juga dapat digunakan untuk melengkapi uji tanda kecakapan, baik itu Tanda Kecakapan Umum (TKU) maupun Tanda Kecakapan Khusus (TKK).

“Tentu saja salah satu manfaat dalam kesempatan ini yang bisa digunakan oleh anggota pramuka Siaga diantaranya dapat digunakan sebagai salah satu poin dalam Ujian TKU dan TKK,” jelas Angga.

Angga berharap, pertemuan anggota pramuka dapat meningkatkan kecakapan, pengalaman yang baik bagi pembentukan karakter sekaligus meningkatkan semangat pendidikan kepanduan.

Peningkatan pendidikan karakter kepanduan juga dapat melahirkan generasi muda teladan melalui uji kecakapan Pramuka Garuda yang akan berlangsung di bulan Desember mendatang.

BACA JUGA :  Berdampak Positif Bagi Masyarakat, Pemkab Bogor Dukung Rencana Pengembangan IPB University di Dramaga dan Jonggol

Pramuka

Pramuka Garuda sebagaimana keputusan Kwartir Nasional dapat menjadi jalur prestasi untuk melanjutkan ke sekolah negeri.

“Agustus lalu Kwaran Tamansari berhasil mendorong lahirnya 72 orang Siaga Garuda. Mudah-mudahan bulan Desember ini dapat kembali mendorong anggota pramuka yang bisa menjadi Pramuka Garuda,” harap Angga.

Salah satu pembina dari Gugus Depan 33.003 – 33.004 SDN Sirnagalih 2 Bogor, Santi Maryani menyebutkan, Pesta Siaga maupun Tapakan Garuda dan kegiatan lainnya dalam kepramukaan ditujukan agar peserta didik dapat menjalankan nilai-nilai kepramukaan dengan baik.

BACA JUGA :  Lombok Barat NTB Diguncang Gempa Terkini M5,2, Tak Berpotensi Tsunami

“Nilai-nilai kepramukaan memberikan dampak positif bagi perkembangan anak untuk menanamkan ketakwaan, keterampilan dan menunjang keberhasilan pendidikan formal,” tanggap Santi.

Senada, Wahyudin salah satu panitia Pesta Siaga yang juga Andalan Penggalang Putra berharap agar berbagai bentuk kegiatan kepramukaan di Kecamatan Tamansari dapat terus bersemangat seiring perkembangan zaman.

Pramuka di berbagai tingkatan mulai dari Siaga, Penggalang hingga Penegak dapat menjadi jalan pendidikan yang positif agar anggota pramuka dapat bermanfaat dan berdayaguna baik di sekolah, keluarga, masyarakat maupun lingkungan di sekitarnya,” pungkas Wahyu. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================