Oleh : Heru B Setyawan (Pemerhati Pendidikan Kota Bogor)

HATI mempunyai peranan yang sangat penting dalam diri seseorang. Ia menjadi sentral bagi anggota tubuh lainnya, sehingga keberadaanya dapat menentukan baik dan buruknya semua amalan manusia.

Rasulullah SAW bersabda: “Ketahuilah sesungguhnya di dalam tubuh ini ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baiklah seluurh anggota tubuh dan jika rusak, maka rusaklah seluruh anggota tubuh. Ketahuila ia adalah hati.” (HR. Al-Bukhari).

BACA JUGA :  Mau Traveling Kemana? Ini Dia Daftar 10 Hotel Terbaik di Dunia 2024, Dijamin Tak Mengecewakan

Hati yang bersih akan memberi dampak baik bagi seluruh anggota tubuhnya. Sebaliknya, jika hati yang kotor, akan merusak seluruh anggota tubuhnya. Hati yang bersih bisa membedakan mana yang baik dan yang buruk, sebaliknya hati yang kotor sulit untuk membedakan mana yang baik dan yang buruk.

Menurut salah satu Guruku, yaitu Buya Yahya, beliau mengatakan ciri-ciri hati kita sudah bersih adalah kita tidak pernah menyalahkan orang lain, meski orang tersebut jelas-jelas salah dan jahat. Misalnya orang tersebut adalah pencuri, pelacur, koruptor dan lain-lain.

BACA JUGA :  Resep Membuat Semur Daging dan Kentang untuk Menu Andalan Keluarga

Kita malah kasihan dan prihatin dengan orang tersebut, karena aibnya sudah dibuka oleh Allah di dunia. Sementara aib kita masih ditutup rapat-rapat oleh Allah. Kemudian kita mendoakan orang tersebut agar tobatnya diterima oleh Allah serta mendoakan orang tersebut, siapa tahu suatu saat keadaanya lebih baik dari pada kita.

============================================================
============================================================
============================================================