BOGOR-TODAY.COM – Penyakit asam lambung bisa menimbulkan rasa tak nyaman yang begitu hebat. Mulai dari nyeri pada ulu hati, sensasi terbakar di dada hingga rasa mengganjal di tenggorokan.

Tapi, Anda tak perlu khawatir. Ada beberapa minuman penurun asam lambung yang bisa Anda coba. Deretan minuman ini bisa membantu menetralisir asam lambung dan membuatnya kembali turun.

Penyakit ini terjadi saat asam lambung kembali mengalir ke kerongkongan. Kondisi ini lah yang bisa memicu rasa tak nyaman.

Minuman Penurun Asam Lambung

Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa minuman penurun asam lambung.

  1. Jus buah dan sayuran

Beberapa jus bisa membantu menurunkan gejala. Namun, hal ini hanya berlaku untuk buah dan sayur dengan kandungan asam yang rendah.

BACA JUGA :  Pengurus BPPD Kota Bogor Dilantik, Bima Arya Beri Masukan Ini

Berikut beberapa pilihan buah dan sayur yang bisa dicoba:

  • Lidah buaya
  • Seledri
  • Wortel
  • Blewah
  • Melon
  1. Air hangat

Air mineral disebut dapat membantu pencernaan dan motilitas makanan keluar dari lambung dan masuk ke usus kecil. Dengan kemampuannya, air dapat membantu mengurangi gejala refluks asam.

Mengutip Healthline, studi menemukan, air alkali dapat membantu menenangkan gejala pencernaan seperti refluks asam. Air ini memiliki pH yang dimodifikasi, yang dapat membantu menetralkan asam lambung.

  1. Jahe hangat

Mengutip Medical News Today, studi menunjukkan bahwa jahe mengurangi tekanan pada katup esofagus dan meningkatkan pengosongan lambung. Katup esofagus yang aman bisa menahan asam lambung untuk tidak naik ke atas.

Anda bisa mencoba membuat secangkir jahe hangat untuk membantu meredakan gejala asam lambung.

  1. Air kelapa
BACA JUGA :  Simak Daftar Pebulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup dan Uber Cup 2024

Air kelapa tanpa pemanis tambahan bisa jadi minuman penurun asam lambung yang baik. Minuman ini merupakan sumber elektrolit yang baik, seperti potasium.

Tak cuma itu, air kelapa juga meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh, yang sangat penting dalam mengelola refluks asam.

  1. Susu rendah lemak

Makanan dan minuman dengan kandungan lemak yang tinggi bisa memperburuk gejala GERD. Jadi, susu rendah lemak, susu skim, atau susu nabati bisa jadi pilihan yang baik.

Beberapa susu nabati seperti susu almond juga bersifat basa dan bisa membantu menetralkan asam lambung.

  1. Teh chamomile

Teh herbal, seperti chamomile, dapat meringankan pencernaan dan menenangkan masalah lambung, seperti produksi gas berlebih.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================