Festival Kopi Bogor Dengan Tema “Bangga Kopi Bogor, Bangga Indonesia”

festival kopi

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Pemerintah Kabupaten Bogor kembali menggelar Festival Kopi selama tiga hari dari tanggal 10 hingga 12 November 2022 dengan mengusung tema “Bangga Kopi Bogor, Bangga Indonesia”.

Acara tersebut digelar di Lapangan Tegar Beriman, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Festival Kopi Bogor tersebut dibuka langsung oleh Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan ditandai dengan pengguntingan pita, Kamis (10/11/22).

festival kopi

Pada event Festival Kopi Bogor  kali ini sekitar 30  stand pengrajin kopi dari berbagai wilayah di Kabupaten Bogor memamerkan kopi hasil dari petani kopi yang berada di wilayah Kabupaten Bogor.

Di kesempatan yang sama, Plt. Bupati Bogor juga melakukan pengukuhan petani milenial kepada para pemenang lomba petani milenial Kabupaten Bogor tahun 2022.

Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengungkapkan bahwa, Kabupaten Bogor merupakan produsen penghasil kopi robusta terbesar di Jawa Barat, juga penghasil kopi arabika yang cukup diperhitungkan kualitas dan rasanya.

Baca Juga :  Resep Masakan Donat Kentang Keju, Lembut dan Empuk

“Kami percaya dan yakin melalui event Festival Kopi Bogor ini, kami ingin memperkenalkan bahwa Kopi Bogor punya kualitas yang cukup baik dan bisa bersaing dengan kopi yang ada di wilayah lain di Indonesia,” tutur Plt. Bupati Bogor.

Iwan Setiawan optimis Kabupaten Bogor bisa jadi salah satu kiblat kopi sehingga dapat  mengundang para pebisnis kopi di Kabupaten Bogor.

Melalui Festival Kopi Bogor pihaknya ingin mengumpulkan produsen-produsen kopi di Bogor supaya bisa membawa nama Bogor dan bisa menjadi bisnis yang cukup potensial untuk para petani dan anak-anak barista yang memang hobi meracik dan memproduksi kopi.

Baca Juga :  Ini Dia Kronologi 7 Motor Ringsek Diseruduk Truk di Gandaria

“Sebaran kopi ada di beberapa wilayah Kabupaten Bogor, kalau kopi robusta itu wilayahnya di Bogor Timur mulai Cariu, Tanjungsari, Sukamakmur dan kualitasnya terbaik berdasarkan penelitian dari ahli kopi. Punya rasa yang pekat yang cukup kuat jadi mau nge blend kopi cukup memberikan campuran sedikit kopi robusta rasa tidak jauh beda. Sedangkan untuk kopi arabika juga punya kualitas terbaik di wilayah selatan yakni di Tugu Utara salah satunya Kopi Cibulao yang cukup terkenal.  Di paseban ada sekitar 70 hektar dan 40 hektar sudah panen, mungkin tahun depan kami bisa memproduksi 20 ton kopi per tahun, yang sekarang baru mencapai 15 ton,” terang Iwan Setiawan.