makanan manis
7 Bahaya Akibat Kebanyakan Makan Makanan Manis, Foto : Freepik.com

BOGOR-TODAY.COM – Berbagai macam makanan manis seperti permen, es krim, hingga cokelat menjadi favorit yang sering diincar kala suntuk. Namun, konsumsi gula banyak menimbulkan masalah kesehatan. Simak apa saja bahaya di balik makanan manis di sini.

Bahaya konsumsi makanan manis berlebihan
Tidak ada yang salah dengan mengonsumsi makanan manis. Meski tidak seburuk lemak jenuh, garam, atau kalori, Anda tetap perlu membatasi asupan gula.
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia memberikan rekomendasi asupan gula per hari yakni 10 persen dari total energi (200 kkal). Angka ini setara dengan 4 sendok makan per hari (50 gram/orang/hari).

Pembatasan tersebut dilakukan karena ada bahaya yang tidak boleh Anda anggap sepele di balik manisnya rasa gula. Berikut ini beberapa bahaya dari konsumsi makanan manis yang berlebihan.

BACA JUGA :  Simak Ini untuk Tips Awet Muda, Salah Satunya Tidak Sarapan?

Melansir hellosehat.com, berikut 7 bahaya akibat kebanyakan makan makanan manis :

1. Obesitas
Salah satu alasan mengapa konsumsi makanan manis perlu dibatasi yakni dapat meningkatkan risiko kondisi obesitas.

Makanan Manis

Begini, kadar gula yang berlebihan dalam tubuh dapat meningkatkan risiko resistensi leptin. Leptin merupakan protein yang dibuat dalam sel lemak, beredar di aliran darah, dan diedarkan ke otak.

Protein ini juga hormon penanda bahwa Anda sedang lapar atau kenyang. Sedangkan, resistensi leptin membuat Anda tidak berhenti makan karena otak tidak merasa kenyang meski sudah banyak makan.

Akibatnya, Anda akan terus makan yang berkontribusi terhadap penambahan berat badan hingga risiko obesitas. Namun, para ahli masih membutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana gula memengaruhi obesitas.

BACA JUGA :  Sinergi Jaga Ketahanan Pangan, Sekda Kabupaten Bogor Hadiri Rakor Bersama Sekda Se-Jawa Barat 

2. Diabetes tipe 2
Selain obesitas, bahaya lain yang mengintai para penggemar makanan manis yaitu diabetes, khususnya penyakit diabetes tipe 2.

Makanan Manis

Gula memang tidak secara menyebabkan diabetes tipe 2, tetapi penyakit ini lebih mungkin dialami ketika Anda memiliki berat badan berlebih.

Umumnya, berat badan akan bertambah ketika tubuh mendapatkan lebih banyak kalori ketimbang yang dibutuhkan. Sementara itu, mengandung banyak kalori.

Artinya, terlalu banyak gula bisa menambah berat badan yang dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Namun, makanan manis tidak mungkin menjadi satu-satunya faktor yang dapat mengembangkan penyakit ini.

============================================================
============================================================
============================================================