3. Penyakit jantung
Menurut penelitian yang dimuat dalam JAMA Internal Medicine, orang yang mengonsumsi gula 17 – 21 persen dari total kalori dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.
Temuan ini dibandingkan dengan orang yang mengonsumsi gula 8 persen dari total kalori. Ada dua kemungkinan yang menyebabkan kondisi ini.
Makanan Manis

Pertama, minum minuman manis dapat meningkatkan tekanan darah dan diet tinggi gula juga bisa merangsang hati membuang lebih banyak lemak ke aliran darah. Kedua faktor ini diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Meski begitu, alasan utama mengapa gula bisa menyebabkan penyakit jantung masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

4. Perut kembung
Tahukah Anda bahwa perut kembung bisa disebabkan oleh makanan manis, alias gula?
Melansir International Foundation for Gastrointestinal Disorders, kebanyakan makanan dengan karbohidrat tinggi bisa menyebabkan timbulnya gas di dalam perut. Lalu, gula merupakan salah satu jenis karbohidrat.

Makanan Manis
Selain itu, ada beberapa jenis gula tertentu yang dapat menghasilkan gas dibandingkan lainnya, yakni:
• fruktosa,
• laktosa,
• raffinose, dan
• sorbitol.

BACA JUGA :  Usai Bunuh Kekasih, Pria di Batang Nekat Gantung Diri

Keempat gula di atas cenderung memproduksi gas, bahkan pada sistem pencernaan yang sehat. Terlebih ketika Anda mengalami penyakit tertentu yang membuat makanan sulit dicerna, sehingga bisa memicu perut kembung.

5. Masalah jerawat
Sejumlah makanan dapat meningkatkan peradangan tubuh dan sangat mungkin memicu kemunculan jerawat hingga memperparah kondisi yang ada.
Sebagai contoh, susu dan makanan manis bisa meningkatkan kadar insulin. Hal ini bisa mengubah hormon lain yang dapat memengaruhi kondisi kulit.

Makanan Manis
Sayangnya, penelitian lanjut masih dibutuhkan. Pasalnya, ada kemungkinan orang yang mengalami masalah jerawat dan menggemari makanan manis tinggal di lingkungan yang kotor.
Artinya, ada banyak faktor pendukung yang mungkin menyebabkan jerawat muncul selain bahaya dari makanan manis.

6. Kerusakan gigi
Sudah bukan rahasia umum lagi bila konsumsi terlalu banyak gula bisa mengakibatkan kerusakan gigi.
Makanan Manis

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Ajak Setgab LSM Sama-Sama Bangun Kabupaten Bogor

Bagaimana tidak, gula pada makanan dan minuman menjadi penyebab utama perkembangan karies gigi (gigi berlubang).
Hal ini dikarenakan bakteri dalam plak memanfaatkan gula sebagai energi dan melepaskan asam sebagai produk limbah. Kondisi ini dapat melarutkan email gigi secara bertahap yang dapat menyebabkan karies gigi.

7. Tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi merupakan salah satu bahaya makanan manis yang merupakan hasil dari penyakit lainnya.

Makanan Manis

Sebagai contoh, obesitas akibat konsumsi gula berlebihan melonjakkan kadar glukosa dalam darah. Seiring waktu, hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner.
Kondisi ini pun bisa mengembangkan tekanan darah tinggi yang menjadi faktor risiko utama dari serangan jantung dan stroke.

Meski mekanisme gula terhadap tekanan darah tinggi belum diketahui, tidak ada salahnya membatasi makanan manis agar terhindar dari berbagai penyakit. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================