Mendenaturasi adalah keadaan protein terurai menjadi struktur primernya, sehingga protein yang hilang dalam susu UHT lebih banyak daripada susu pasteurisasi.

Selain itu, susu UHT dipanaskan hingga suhu 150 derajat celsius selama beberapa detik. Tujuannya, untuk menghancurkan mikroba dan menonaktifkan enzim yang merusak susu.

Maka dari itu, nutrisi susu UHT lebih sedikit dibanding susu pasteurisasi yang selama proses pemanasannya tidak membunuh semua mikroorganisme di dalam susu.

Susu pasteurisasi vs susu bubuk, mana yang lebih baik?

Serupa dengan susu UHT, beda susu bubuk dan susu pasteurisasi juga tampak dari cara pengolahan dan kandungan nutrisinya.

BACA JUGA :  Jadwal SIM Keliling, Selasa 23 April 2024 di Kota Bogor

Susu bubuk diperoleh dengan menghilangkan air dari susu. Tujuan dari pembuatan susu bubuk adalah untuk mengubah bahan baku cair yang mudah rusak, menjadi produk yang dapat disimpan tanpa kehilangan kualitas nutrisinya.

Jika dibandingkan, susu pasteurisasi memiliki tingkat kesegaran yang lebih terjaga dibandingkan susu bubuk yang dikonsumsi dengan cara menyeduhnya menggunakan tambahan air.

Tips memilih susu yang baik bagi tubuh

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, berikut ini tips saat memilih susu.

  1. Konsumsi susu dengan kandungan alami, seperti protein, kalsium, dan diperkaya dengan Vitamin dan mineral.
  2. Lihat label kemasan susu dan perhatikan komposisinya.
BACA JUGA :  Wajib Tahu! Ini Dia Manfaat Okra untuk Diet Turunkan BB

Pilih susu yang diolah secara sederhana.

  1. Pasalnya, semakin sederhana pengolahan susu, maka semakin sedikit hilangnya nutrisi, contohnya seperti susu pasteurisasi.

Susu pasteurisasi melewati pemrosesan singkat dan dilengkapi dengan kandungan gizi alami seperti di atas.

Susu yang baik untuk konsumsi sehari-hari adalah susu yang terbuat dari 100% susu segar, terutama yang mempunyai peternakan sendiri sehingga proses pengolahannya dapat terjamin kualitasnya.

Selain itu, pilih yang dikemas secara higienis, dan mengandung banyak nutrisi yang lengkap, seperti susu pasteurisasi Greenfields Fresh Milk. (*)

Halaman:
« ‹ 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================