Deretan nama es krim
Deretan Nama Es Krim Jadul yang Jadi Primadona Generasi 90-an. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COMDeretan nama es krim jadul (zaman dulu) yang pernah jadi primadona generasi 90-an paling mantap untuk mengembalikan kesegaran.

Varian es krim yang dijual juga cukup banyak. Walaupun bentuknya tidak semodern es krim masa kini, tapi kenangannya telah mengisi hari-hari di masa kecil.

Melansir beragam sumber, berikut deretan nama es krim jadul :

Es Wawan

Deretan Nama Es Krim

Es yang satu ini bisa dibilang sangat laris pada masa 90-an. Es wawan berupa minuman dingin yang dibungkus kemasan dari plastik panjang. Rasa yang disuguhkan bervariasi, mulai dari anggur, stroberi, susu, vanila, cokelat, dan lainnya. Dulu harganya Cuma Rp500, bahkan lebih murah. Uniknya, es wawan dijual setengah, satu batang es wawan dipotong dua.

BACA JUGA :  Kompetisi Mobil RC, Salurkan Hobi di Bulan Ramadan

Pedagang es wawan biasanya berkeliling menggunakan sepeda ontel. Boks es wawan terikat di bagian belakang sepeda. Boks itu sangat ikonik, ada gambar kurcaci bertuliskan “Es Wawan”. Sayangnya, es wawan sangat langka sekarang.

Es Tung-tung

Deretan Nama Es Krim

Es tung-tung punya sebutan lain, yaitu es dung-dung dan es putar. Konon nama tung-tung diambil dari suara pentungan atau sesuatu yang dipukul oleh penjual untuk menarik perhatian pelanggan. Uniknya, kalau es krim berbahan dasar susu, es tunggung menggunakan santan. Es tung tung dibuat secara tradisional menggunakan alat berbentuk tabung yang diputar dalam es batu dan garam. Wadah yang digunakan sangat khas berbentuk kerucut (cone) berbahan mirip kerupuk. Tapi, ada juga yang menjualnya dengan roti tawar atau gelas polkadot.

BACA JUGA :  Kelola Bansos dan Tangani Bencana, Pj. Bupati Bogor Lakukan Sinergi Dengan Komisi VIII DPR RI dan Pemerintah Pusat 

Es tung tung tercipta dari keinginan masyarakat Jawa untuk mencicipi es krim, tapi tidak mampu membelinya karena mahal. Zaman dulu susu itu barang mewah, harganya sangat mahal. Lambat laun, muncullah inisiatif dari warga untuk mengganti susu dengan santan. Namun ternyata, santan justru membuat rasa es tung tung menjadi lebih enak dan gurih dibandingkan susu. Biasanya santan dipadukan dengan buah seperti nangka, durian, atau kelapa muda. Bentuk es tung tung persis seperti es krim. Hanya saja teksturnya lebih kasar.

Es Kado

============================================================
============================================================
============================================================