BOGOR-TODAY.COMAdidas perusahaan pakaian olahraga terbesar di Eropa dan kedua terbesar di dunia telah resmi mengumumkan bola yang akan digunakan pada Piala Dunia 2022 dengan nama Al Rihla. Bola baru ini bahkan dilaporkan jadi yang tercepat di dunia saat berada di udara.

Bola Piala Dunia resmi ini merupakan bola ke-14 yang dirancang khusus untuk turnamen akbar tersebut. Al-Rihla sendiri dalam bahasa Arab artinya adalah ‘perjalanan’.

Ternyata, Bola tercepat di dunia ini merupakan bentuk kolaborasi antara PT Global Way Indonesia di Kabupaten Madiun dengan Adidas. Perusahaan sepatu asal Jerman itu mempercayakan produksi Al Rihla ke sebuah pabrik di Kecamatan Pilangkenceng, Kabupaten Madiun.

BACA JUGA :  Kecelakaan Maut di Jember, 2 Motor Adu Banteng Tewaskan 2 Orang, 2 Kritis

Sejak kabar ini diungkapkan Adidas pada Juni 2022 lalu, pihaknya menyebutkan kalau pengiriman bola pertandingan Piala Dunia FIFA ini sudah mulai dikirim dari Madiun.

Pengiriman ekspornya pun diresmikan langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Sebanyak 50.000 bola pada pengiriman pertamanya kala itu.

Melansir dari Bola.net, General Manager PT Global Way, Jeftha Sunardi Wibowo, mengatakan perusahaan manufakturnya itu dipercaya untuk membuat satu juta bola pertandingan untuk perhelatan sepak bola dunia tahun ini.

“Produksi kita (kali ini) 100 persen untuk ekspor. Dan untuk produksi, kami memiliki dua lokasi yaitu Indonesia dan China, tapi yang terbesar di Madiun sebesar 60 sampai 70 persen (dari total produksi),” jelas Wibowo.

BACA JUGA :  Gegara Balapan Motor, Siswa SMP di Makassar Dikeroyok 5 Pria Terekam CCTV

Sementara itu, Direktur Football Graphihcs and Hardwear Adidas, Franziska Loeffelmann menjelaskan, jika dibandingkan bola tercepat di edisi Piala Dunia Sebelumnya, Adidas mengklaim bahwa Al Rihla memiliki akurasi terbaik.

“Sepak bola menjadi lebih cepat dan semakin cepat. Akurasi dan stabilitas bola di udara menjadi sangat penting. Desain Al Rihla memungkinkan bola tetap terjaga stabilitasnya saat di udara,” ungkapnya.

Inti dari Al Rihla diciptakan selain untuk meningkatkan akurasi dan konsistensi, bola ini akan mengikuti alur permainan yang cepat sambil tetap mempertahankan bentuknya.

============================================================
============================================================
============================================================