Qatar
Al Bayt Stadium, salah satu venue Piala Dunia 2022 di Qatar. Di artikel ini Anda bisa membaca profil stadion Piala Dunia 2022, Al Bayt stadium.(Qatar 2022 Supreme Committee)

BOGOR-TODAY.COM – Sebagai tuan rumah, Qatar telah mempersiapkan delapan stadion untuk perhelatan Piala Dunia 2022. Ajang sepak bola internasional itu akan berlangsung mulai 20 November hingga 18 Desember 2022.

Fakta Stadion Al Bayt

Stadion Al Bayt memiliki karakteristik dan keunikan tersendiri, mulai dari desain hingga fasilitasnya.

Melansir beberapa sumber, berikut 6 fakta Stadion Al Bayt Qatar :

  1. Stadion terbesar kedua di Qatar

Stadion Al Bayt merupakan stadion terbesar kedua di Qatar setelah Stadion Lusail, seperti dikutip dari Kompas.com (29/7/2022).

Baca Juga :  Resep Masakan Sayur Gurih Tempe dan Cabe

Stadion Al Bayt memiliki kapasitas 60.000 penonton, sedangkan Stadion Lusail mampu menampung hingga 80.000 penonton.

  1. Desain menyerupai tenda

Stadion Al Bayt memiliki desain yang unik. Mengutip dari laman Qatar 2022, desain bangunan stadion terinspirasi oleh Bayt Al Sha’ar.  Bayt Al Sha’ar merupakan tenda yang dihuni oleh orang-orang nomaden Qatar dan Timur Tengah.

Qatar
Stadion Al Bayt, Qatar salah satu venue Piala Dunia 2022 (Dok. https://www.fifa.com/)

Oleh sebab itu, arsitektur bangunan stadion menyerupai tenda.  Ciri khas lain Bayt Al Sha’ar adalah garis berwarna putih, hitam, dan merah. Ciri khas ini juga diaplikasikan dengan baik pada desain bangunan Stadion Al Bayt.

  1. Satu-satunya stadion indoor di Piala Dunia 2022
Baca Juga :  Kepala BPN II dan Kepala BNNK Kabupaten Bogor Baru Lebih Bersinergi Dengan Pemkab Bogor

Melansir dari Dazeen, atap Stadion Al Bayt menggunakan sistem atap yang dapat menutup, sehingga menyerupai bentuk tenda. Atap dengan sistem buka tutup tersebut, juga dihiasi dengan motif garis putih, hitam, dan merah sehingga menyerupai Bayt Al Sha’ar.