Ternyata Ini Kebiasaan yang Bikin Tangan Bergelambir

BOGOR-TODAY.COM – Lengan bagian atas dekat ketiak kerap bergelambir dan membuat tidak percaya diri untuk mengenakan pakaian tanpa lengan.

Lengan bergelambir juga banyak dialami orang, terutama kelebihan berat badan.

Ternyata, lengan bergelambir ini bisa muncul karena kebiasaan sehari-hari. Berikut beberapa kebiasaan yang bikin lengan bergelambir.

  1. Begadang

Tidur kurang dari 7 jam memicu tubuh melepaskan kortisol atau hormon stres. Kortisol, sebagaimana dikutip dari berbagai sumber, membuat tubuh dalam mode konservasi.

Saat ini terjadi, ia akan menyimpan lemak yang seharusnya digunakan kala bangun tidur. Kurang tidur menurunkan perasaan kenyang dan meningkatkan hormon ghrelin yang berperan dalam meningkatkan rasa lapar.

  1. Makan asal-asalan
BACA JUGA :  Nobar Timnas Garuda Muda di Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto: Doakan Skuad Besutan Shin Tae-yong Lawan Irak dan Raih Tiket Olimpiade Paris 2024

Melansir berbagai sumber, pola makan yang buruk bisa membuat lemak menumpuk di tubuh.

Salah satu lokasi favorit lemak adalah lengan dekat ketiak. Tak heran jika lengan Anda terlihat bergelambir saat kelebihan berat badan.

  1. Suka makan dan minum manis

Gula tidak hanya buruk untuk gigi, tetapi juga kesehatan secara keseluruhan.

Hati bertanggung jawab untuk metabolisme gula dan mengubahnya menjadi lemak.

Selain kelebihan lemak yang Anda peroleh, konsumsi gula berlebihan yang berkepanjangan dapat menyebabkan penyakit hati berlemak, diabetes, penyakit jantung, dan menurunkan kadar testosteron dalam tubuh.

  1. Malas olahraga

Kebiasaan makan tidak sehat ditambah jarang atau tidak pernah berolahraga membuat lemak nyaman tinggal di tubuh. Tanpa gaya hidup sehat, siapa pun bisa menjadi korban dari penumpukan lemak berlebih di lengan atas.

  1. Terlalu sering terpapar matahari
BACA JUGA :  Tawuran Remaja di Bandarlampung Tewaskan 1 Orang, 2 Orang Ditetapkan Tersangka

Melansir berbagai sumber, paparan sinar matahari bisa merusak kulit di bagian lengan. Paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat memecah kolagen dan elastin di kulit, menyebabkan kulit keriput dan kendur.

Kerusakan akibat sinar matahari juga menjadi musuh permukaan kulit. Pasalnya, sinar ultraviolet (UV) dapat mempercepat penuaan kulit.

Kondisi ini menyebabkan hilangnya kolagen dalam tubuh, terutama di area bawah kulit, yang menahan dan mengencangkan struktur kulit, sehingga meningkatkan risiko kulit kendur.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================