ramuan herbal
Resep Membuat Ramuan Herbal Pengganti Obat Sirup yang Aman dan Anti Pahit, Si Kecil Pasti Suka. Foto : Freepik.com

BOGOR-TODAY.COM – Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) membagikan ramuan herbal alami penurun demam dan batuk-pilek pada anak. Ramuan tersebut bisa menjadi alternatif pengganti pengobatan untuk anak. Apalagi setelah sejumlah obat sirup ditarik dari peredaran karena merebaknya kasus gagal ginjal misterius pada anak. Simak ulasan selengkapnya terkait pengganti obat sirup untuk anak berikut ini.

Rekomendasi pengganti obat sirup anak

Terkait dengan meningkatnya kasus gagal ginjal akut pada anak, IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) memberikan berbagai imbauan kepada tenaga kesehatan dan masyarakat terkait penggunaan obat untuk anak ini.

Salah satunya, termasuk rekomendasi pengganti obat sirup anak yang bisa digunakan. Imbauan itu dilakukan selama belum diketahui adanya kejelasan soal keamanan dari konsumsi obat sirup.

Baca Juga :  Wali Kota Bogor Ajak Masyarakat Saksikan Bogor Street Festival CGM 2023

Sesuai dengan hasil investigasi Kemenkes dan BPOM, peresepan obat sirup harus dihentikan karena ditengarai terkontaminasi oleh senyawa Etilen Glikol (EG) dan Dietilen Glikol (DG).

Meski begitu, masih belum diketahui secara pasti bahwa kedua senyawa tersebut menjadi penyebab penyakit ginjal pada anak.

Pemerintah bersama pihak-pihak terkait kini masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Cara membuat ramuan herbal pengganti obat sirup untuk anak

Nah, sebagai langkah kewaspadaan sekaligus pencegahan, Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) ikut membagikan sejumlah resep obat tradisional yang aman dikonsumsi anak.

Resep ini bisa menjadi pilihan pengobatan lain pengganti obat sirup untuk anak.

Pasalnya, tidak semua obat tablet bisa selalu digerus bahkan sering kali menimbulkan rasa pahit hingga anak-anak tidak mau minum obat.

Baca Juga :  Ular Piton Sepanjang 6 Meter Muncul di Pesta Pernikahan di Padang, Kejutkan Warga

Atas dasar itu, PDPOTJI kemudian menyarankan atau merekomendasikan dua ramuan herbal alami yang aman untuk anak sebagai alternatif penurun demam dan pereda batuk-pilek dengan rasa yang enak atau tidak pahit.

Selain itu, ramuan ini dibuat menggunakanan bahan-bahan yang murah serta mudah didapat.

Mengutip hasil siaran pers Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Senin (22/11/2022) berikut ini cara membuatnya :

  1. Untuk anak usia 1-12 tahun

Nama ramuan: Sirup Madu Bawang Jahe

Dosis: 3 kali 5ml sehari, sebelum, atau sesudah makan

Bahan-bahan:

30 ml madu murni,

1 siung bawang merah, dicincang halus,

1 siung bawang putih, dicincang halus,

10 gram jahe segar, dicincang halus, dan