Secara  bahasa, dakwah berasal dari kata da’a – yad’u da’watan, artinya mengajak atau menyeru. Sedangkan secara terminologis dakwah adalah  kegiatan yang bersifat menyeru, mengajak dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah Swt, sesuai dengan aqidah syari’at agama Islam.

Disebutkan dalam kitab suci Al-Qur’an akan kewajiban berdakwah bagi umat Islam, yaitu: “Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. An-Nahl:125),

BACA JUGA :  Menparekraf : Kota Bogor Jadi Target Epicentrum Produk Parekraf

Dakwah bukan kewajiban bagi Ustadz, Kyai, Habib dan Ulama, tapi kewajiban semua muslim, sudah barang tentu sesuai dengan fungsi dan kemampuan kita masing-masing. Apapun profesi kita, sebagai seorang muslim kita harus berdakwah.

Seorang guru, dokter, pedagang, PNS, pegawai swasta, pemimpin bahkan seorang presiden harus berdakwah sesuai fungsi dan kemampuan kita masing-masing. Berdakwah yang paling mudah sebagai seorang muslim adalah berakhlak mulia sesuai syariat Islam.

Seorang karyawan yang baik, disiplin, kreatif dan taat kepada atasannya itu sudah termasuk berdakwah. Seorang pedagang yang jujur dalam berjualan itu juga sudah termasuk berdakwah. Seorang pemain sepak bola Muhammad Salah juga sudah melakukan dakwah dengan akhlak mulianya. Serta  seorang pemimpin yang amanah juga sudah termasuk melakukan dakwah. Ok mudah kan gaes.

BACA JUGA :  Kecelakaan Motor Bocah Bonceng Tiga di Pontianak Tabrak Tiang Listrik, 2 Orang Tewas

Jadi dakwah itu merangkul, bukan memukul, dakwah itu bukan hanya pengajian, tabligh akbar, sholawatan, majelis ilmu, dan majelis dzikir.

Dakwah juga bukan hanya di musholla dan masjid. Ternyata dakwah juga bisa kita lakukan di piala dunia sepak bola 2022 di Qatar. Semoga pesta sepak bola dunia ini berjalan lancar dan diridhoi oleh Allah, Aamiin. Jayalah Indonesiaku. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================