Terlalu banyak kolesterol dalam darah dapat menyumbat pembuluh darah, sehingga berisiko pada penyakit jantung dan stroke.

Sejumlah studi menemukan bahwa manfaat daun sirih dapat membantu menurunkan level kolesterol total, trigiserida, dan LDL. Bukan hanya itu, daun sirih juga membantu meningkatkan kadar high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

  1. Menjaga kesehatan mulut dan gigi

Manfaat daun sirih pertama, yakni menjaga kesehatan mulut dan gigi. Daun sirih memiliki sifat antimikroba yang membantu mengatasi bakteri yang tertinggal di mulut.

Oleh karena itu, sejak dulu daun sirih sudah digunakan untuk menjaga gigi. Biasanya, orangtua memanfaatkannya dengan cara mengunyahnya.

  1. Mencegah infeksi bakteri
BACA JUGA :  Minuman Segar dengan Es Jeruk Buah Potong untuk Takjil Dingin Kesukaan Keluarga

Daun sirih mengandung fenol dan flavonoid, dua senyawa yang berfungsi mencegah risiko infeksi. Oleh karena itu, manfaat daun sirih selanjutnya adalah mencegah infeksi karena bakteri.

Bahkan, tanaman herbal ini mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus, penyebab berbagai penyakit, termasuk infeksi kulit.

  1. Menyembuhkan luka

Daun sirih terutama sirih merah, memiliki kandungan saponin yang bersifat antiseptik. Senyawa ini amat penting dalam proses penyembuhan luka.

BACA JUGA :  Sekda Syarifah Tinjau Penanganan Longsor dan Kebakaran di Kota Bogor

Selain saponin, daun sirih merah mengandung tanin. Tanin sendiri berfungsi membentuk kolagen, sehingga luka lebih cepat tertutup.

  1. Mencegah kenaikan gula darah

Kenaikan kadar gula dalam darah dapat berisiko pada penyakit metabolisme kronis, diabetes melitus. Apabila tidak segera diatasi, penyakit ini dapat membahayakan nyawa penderitanya.

Masih menurut Kementerian Kesehatan, mengonsumsi air rebusan daun sirih membantu mencegah kenaikan gula darah yang berakibat pada diabetes.

Selain itu, konsumsi daun sirih juga membantu menjaga sistem kekebalan tubuh tetap utuh.

Halaman:
« 1 2 » Semua
============================================================
============================================================
============================================================