3 hobi
3 Hobi yang Bisa Mendatangkan Cuan. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM – Banyak orang memilih pekerjaan sesuai dengan profesi apa yang banyak dicari atau dibutuhkan, kemudian mereka menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari pekerjaan tersebut. Hal ini betul, tetapi cukup berisiko mengingat pertumbuhan lingkungan dan teknologi berkembang cepat.

Perkembangan ekonomi tidak bisa diprediksi, dan mereka yang tidak bisa beradaptasi dengan cepat bisa terkena dampak buruk.

Nah, untuk mengatasi hal itu, ada beberapa hobi atau kemampuan yang tidak disadari banyak dimiliki orang dan bisa dikembangkan menjadi bisnis.

Melansir beberapa sumber, berikut 3 hobi yang bisa mendatangkan cuan!

1Hobi Menulis Kreatif

3 hobi
Foto : Freepik.com

Banyak orang yang memiliki pikiran kreatif dan dapat menuangkannya dalam sebuah tulisan atau cerita. Waktu yang digunakan untuk menuliskan apa yang ada di pikiran Kamu bisa dikembangkan secara kreatif, lho.

Baca Juga :  Resep Masakan Gulai Ayam Merah, Cocok untuk Sajian Acara Besar

Menurut data, 30 persen pekerjaan yang menuntut penulisan kreatif bersifat pekerjaan freelance. Jadi, Kamu bisa menjadikan ini sebagai pekerjaan sampingan. Apalagi, sejak pandemi Covid-19, industri freelance writing mengalami peningkatan hingga 50%. Berikut sejumlah jenis profesi penulis yang bisa Kamu dalami:

Jurnalisme

Banyak situs web berita online yang bermunculan sejak pandemi Covid-19. Carilah situs web yang berisi konten-konten berkualitas dan sesuai dengan kesukaan Kamu. Pastikan juga situs web-nya selalu update. Coba lakukan research tentang gaya artikel dan penulisannya, kemudian coba tanyakan bolehkah Kamu bergabung dan menulis artikel.

Baca Juga :  Resep Masakan Brokoli Goreng Tepung

Copywriting

Gunakan kreativitas Kamu dalam membuat iklan atau rilis produk. Coba tulislah tentang suatu produk, buat tagline, atau script video untuk brand-brand besar maupun kecil. Setelah itu, Kamu bisa mencoba bergabung ke dunia profesi copywriting.

2Hobi Mendaki dan Traveling

3 hobi
Foto : Freepik.com

Orang yang hobi mendaki dan traveling biasanya memiliki hasrat untuk mengeksplor. Coba belajar mengambil foto momen-momen atau pemandangan indah. Kamu bisa melakukan sedikit investasi pada aspek fotografi dan editing.

Untuk meningkatkan skill fotografi, Kamu bisa mulai dengan hal-hal ini: