menguap
7 penyebab sering menguap, bukan cuma mengantuk. Foto : Freepik.com

BOGOR-TODAY.COMMenguap bukan saja pertanda mengantuk akan tetapi menguap adalah respons tubuh ketika kamu merasa lelah. Namun, jika kamu menguap berlebihan dan terlalu sering, hal itu bisa terjadi karena lelah berlebihan atau adanya kondisi medis tertentu.

Melansir klikdokter.com, berikut adalah beberapa penyebab sering menguap yang perlu diketahui :

1Masalah Tidur

Rasa lelah yang timbul karena kurang tidur bisa menjadi alasan kenapa kamu sering menguap. Apabila rasa lelah terasa berlebihan dan sering muncul pada siang hari, atau memang terdapat gangguan tidur, konsultasikan segera dengan dokter.

Seseorang bisa saja tidak sadar bahwa dirinya sedang mengalami masalah tidur. Misalnya pada penderita obstructive sleep apnea, di mana gejalanya tidak mudah tampak saat bangun. Namun, penderita dapat merasa lelah sepanjang hari.

BACA JUGA :  6 Manfaat Madu Hitam bagi Kesehatan Tubuh

Gejala lain yang menunjukkan bahwa seseorang mungkin memiliki masalah tidur adalah sulit konsentrasi, respons yang lebih lambat, mudah tersinggung, serta merasa tidak termotivasi.

Menular dari Orang Lain

Mungkin kamu sudah pernah mendengar tentang hal ini. Ketika seseorang menguap, orang lain yang melihatnya dapat “tertular” untuk menguap juga!

Bahkan ada anggapan bahwa semakin mudah orang menguap karena meniru orang lain, semakin baik pula kemampuan interaksi sosial dan empatinya.

BACA JUGA :  Libur Lebaran 2024 di Bogor Aja, Sahira Hotel Siapkan Promo Spesial Plus Tiket Rekreasi

Rasa Cemas

Rasa cemas bisa menjadi penyebab kamu menguap terus. Ini terjadi karena kecemasan akan memengaruhi jantung dan sistem pernapasan, serta level energi. Semua hal ini dapat memicu rasa sesak, menguap, dan stres.

Dengan merasa cemas, seseorang dapat menguap lebih sering dari biasanya atau lebih sering dibandingkan ketika sedang tidak cemas.

Rasa Bosan

Apakah kamu pernah merasa seperti ini? Saat lagi bosan, tiba-tiba kamu jadi sering menguap tapi tidak mengantuk.