Oleh karena itu, pilihlah charger yang original untuk mengisi daya baterai hp sehingga bisa beroperasi dengan maksimal. Pastikan juga untuk menggunakan charger dengan kondisi baik alias kabel maupun kepala charger yang tidak rusak. Hal ini jelas akan membahayakan hp karena dapat mengakibatkan gadget cepat panas bahkan kerusakan pada baterainya. Ketika hp cepat panas, terjadi reaksi ‘thermal runaway’ yang cukup berbahaya untuk menyebabkan baterai panas, terbakar, dan meledak.

Menutupi Maupun Menggunakan HP Saat Mengisi Daya

Alasan selanjutnya mungkin terdengar biasa saja, namun menutupi handphone ketika dicas nyatanya berbahaya. Di mana, kondisi hp seperti ini akan membuat hawa panas tidak bisa dilepas pada proses pengisian daya yang juga membuat mesin menanggung panas tersebut. Akibatnya, baterai menjadi cepat rusak dan mengakibatkan ‘thermal runaway’ seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Baca Juga :  PUASA RAMADAN SAATNYA KITA SEMUA UNTUK TOBAT NASIONAL

Pemakaian hp saat proses pengisian daya juga bisa mengakibatkan hal yang kurang lebih sama. Ketika proses pengisian daya handphone, ada baiknya tidak sambil digunakan karena menyebabkan overheat. Di mana, kualitas baterai bisa terganggu dan harus bekerja lebih keras. Untuk itu, sebaiknya pengguna tidak menutupi maupun memainkannya saat proses pengisian daya sehingga terhindar dari risiko hp meledak.

Membawa HP ke Suhu Ekstrem

Penyebab hp meledak selanjutnya adalah suhu eksternal yang ekstrem. Di mana, saat pengguna berlibur ke pantai maupun sedang memasak dapur sambil membawa hp, paparan panas dari matahari maupun kompor akan membuat suhu pada handphone meningkat. Padahal, suhu optimal gadget berada pada 0 hingga 35 derajat Celcius.

Baca Juga :  Dokter Rayendra Bagikan Tips Menjaga Kesehatan Kulit Selama Ramadan

Apabila suhu ekstrem pada handphone terjadi secara berulang-ulang, baterai hp bisa rusak dan menimbulkan bahaya di waktu mendatang. Masalahnya antara lain seperti kerusakan baterai, kerusakan internal hingga ponsel terbakar atau meledak.

Itu dia sejumlah penyebab hp meledak yang bisa kamu hindari dengan sejumlah cara. Sebisa mungkin untuk menghindari penggunaan yang salah sehingga bisa merusak gadget kesayangan. (*)

Halaman:
« 1 2 » Semua