BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Bogor melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama dengan PT Beliver Karya Indonesia tentang pemberian kegiatan kemandirian pelatihan bidang pertanian, perikanan, dan peternakan bagi klien pemasyarakatan.

Penandatangan kerjasama itu dilangsungkan di aula Balai Bapas Kelas II Bogor, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Kamis 1 November 2022.

Kepala Balai Pemasyarakatan (Kabapas) Kelas II Bogor, Teolina Saragih menyampaikan, pihaknya mempunyai tugas antara lain memberikan keterampilan kepada klien pemasyarakatan baik itu bidang kemandirian maupun bidang kepribadian. Sehingga diharapkan mereka bisa menjadi manusia seutuhnya di masyarakat, bisa produktif, mandiri dan tidak mengulangi pelanggaran hukum lagi.

Baca Juga :  PAC Pemuda Batak Bersatu Deklarasi di Kecamatan Ciampea

Teolina menerangkan, ada 15 klien pemasyarakatan yang akan mengikuti kegiatan ini dengan lama pelatihan selama 15 hari di wilayah Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor. 15 klien pemasyarakatan ini adalah klien yang bebas bersyarat dan yang menjalani asimilasi rumah dan 15 klien pemasyarakatan ini akan menjadi pilot project pelatihan ini.

“Jadi, dengan ini kami bekerja sama dengan PT Beliver Karya Indonesia dalam hal pemberian keterampilan kemandirian bidang pertanian, perikanan dan peternakan. Sehingga mereka dapat hidup mandiri, bisa mempunyai penghasilan dan bisa menjadi contoh sehingga mereka bisa menjadi orang yang produktif yang berguna di masyarakat, diterima di masyarakat dan tidak mengulangi perbuatan melanggar hukum lagi sesuai dengan amanat Undang Undang Nomor 22 Tahun 2022,” harapnya.

Baca Juga :  Melalui Optimalisasi Cakupan Imunisasi Lengkap, Pemkab Bogor Cegah Terjadinya Kasus KLB Campak di Tahun 2023

Lebih lanjut Teolina meneruskan, setelah pelatihan ini, Pembimbing Kemasyarakatan (PK) tetap akan memonitor mereka, mengawasi mereka, membimbing mereka, dan mengingatkan mereka tentang segala hal yang terkait dengan keberadaan mereka.