Qatar
Thareed menjadi makanan khas Qatar yang cukup menyehatkan. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, QATARQatar menjadi salah satu negara di Timur Tengah yang merupakan produsen minyak terbesar di dunia. Maka tidak heran, Qatar menjadi negara yang kaya.

Walaupun sebagai penghasil minyak, Qatar juga memiliki berbagai tempat wisata menarik dan tidak kalah untuk dikunjungi. Belum lagi, kulinernya yang menggugah selera.

Bagi kamu yang berkesempatan mengunjungi Qatar jangan lupa mencicipi beberapa makanan khas Qatar. Melansir dari laman gotravelly.com, berikut 7 makanan khas qatar

Harees

Harees menjadi makanan khas Qatar yang cukup populer. Hidangan khas Qatar ini menjadi makanan utama selama bulan puasa Ramadhan. Tidak hanya Bulan Ramadhan saja, tetapi juga Hari Raya dan hari besar lainnya. Bentuknya yang seperti bubur, membuatnya lembut dan lezat di lidah. Harees terbuat dari tepung terigu, mentega dan dicampurkan dengan daging ayam atau daging kambing dan bisa keduanya.

Qatar

Rupanya, Harees bukan hanya makanan khas dari Qatar saja, makanan ini juga cukup terkenal di beberapa negara di Timur Tengah.  Penyajian Harees cukup unik. Pasalnya, kayu manis dan kapulaga disajikan bersamaan dengan makanan ini sehingga aromanya sangat khas. Bahkan, Harees digadang – gadang sebagai makanan untuk kesehatan karena kaya nutrisi di dalamnya.

Baca Juga :  Resep Masakan Nasi Kari Ayam Rice Cooker

Balaleet

Makanan khas Qatar berikutnya adalah Balaleet. Hidangan ini seringkali disajikan sebagai sarapan. Namun tidak jarang, Balaleet disajikan sebagai hidangan penutup. Balaleet sendiri sangat nikmat disantap, baik dingin ataupun masih panas.

Qatar

Balaleet terbuat dari bahan mie bening dan tipis yang digoreng. Kalau di Indonesia lebih mirip dengan bihun atau mihun yang digoreng. Mie tersebut kemudian dimasak bersamaan dengan kayu manis, kapulaga, gula dan safron. Ada beberapa yang menambahkan kacang di atas. Selain itu, Balaleet biasanya diberi telur dadar sebagai toppingnya. Citarasa dari Balaleet sendiri gurih dan manis. Rasa dan penyajian Balaleet lebih mirip dengan makanan India.

Thareed

Thareed menjadi makanan khas Qatar yang cukup menyehatkan. Bagaimana tidak, makanan yang satu ini terbuat dari berbagai macam sayuran, seperti laksana kentang, kacang-kacangan dan wortel. Kemudian ditambahkan daging domba atau ayam. Setelah itu, ditambahkan roti regag di bagian dasar piring yang disiram dengan campuran sayur dan daging tersebut. Hal ini membuat roti terasa lembut dan memiliki citarasa khas Timur Tengah.

Baca Juga :  Resep Masakan Sambal Cumi Asin

Qatar

Roti regag sendiri merupakan roti tipis mirip dengan crepe. Roti ini merupakan makanan pokok negara Timur Tengah sebagai pengganti nasi. Sama halnya dengan Harees, Thareed menjadi makanan khas untuk berbuka puasa di Bulan Ramadhan. Kebanyakan Thareed yang disajikan akan ditambahkan banyak rempah – rempah dan saus. Dengan begitu, rasanya akan benar – benar nendang di lidah dan sangat khas.

Machboos atau Kabsa

Makanan khas Qatar selanjutnya adalah Machboos atau dikenal dengan nama Kabsa. Hidangan yang satu ini merupakan sajian nasi yang dicampur dengan berbagai rempah dan dimasak secara bersamaan dengan seluruh daging. Daging yang digunakan terdiri dari daging domba, daging sapi, daging kambing, daging ayam, udang dan kentang. Di Timur Tengah sendiri makanan yang satu ini menjadi hidangan lezat yang sangat terkenal.