Gunung Dago
Gunung Dago, Alternatif Tempat Wisata Alam yang Pas Untuk Keluarga. Foto : Istimewa.

BOGOR-TODAY.COM, BOGORGunung Dago bisa menjadi alternatif destinasi wisata alam di Bogor selain kawasan Puncak yang sudah terkenal lebih dulu. Keindahan alam gunung yang masih asri tidak menjadi satu-satunya daya tarik yang bisa Anda dapatkan di sini.

Fasilitas serta wahana wisata yang lengkap ikut membuat kunjungan Anda bersama keluarga ke tempat ini jadi lebih nyaman dan berkesan. Sehingga wajar jika gunung ini termasuk salah satu tempat wisata di Bogor populer selain Puncak.

Sekilas Tentang Wisata Gunung Dago Bogor

Melansir dari salsawisata.com, wisata Gunung Dago Bogor merupakan destinasi wisata baru Bogor yang menawarkan keasrian kawasan hutan sebagai sarana rekreasi. Tempat wisata ini baru resmi terbuka untuk umum pada tahun 2019.

Sebelumnya, kawasan seluas 10 hektar ini merupakan milik dan dalam pengelolaan penuh Perhutani. Kemudian melalui Lembaga Masyarakat Desa dan Hutan (LMDH), Perhutani menyerahkan pengelolaan kawasan ini kepada warga untuk menjadi destinasi wisata.

Meski telah menjadi destinasi wisata keasrian kawasan ini tetap terjaga. Wisatawan yang datang bisa bersantai dan menikmati suasana sejuk pegunungan sambil melakukan berbagai aktivitas seru.

Fasilitas penunjangnya pun sangat lengkap, sehingga wisatawan yang datang bisa tetap nyaman. Keseruan yang ada di Wisata Gunung Dago ini tidak kalah dari Embun Lawu yang ada di Tawangmangu.

Daya Tarik Gunung Dago Bogor

Ada banyak sekali hal menarik dan aktivitas seru yang bisa Anda lakukan di tempat wisata instagramable Bogor ini.

Eksis Berfoto di Berbagai Spot Menarik

Salah satu daya tarik utama tempat wisata ini adalah keindahan panorama alam sekitarnya yang masih asri. Pemandangan indah tersebut bisa Anda nikmati dan abadikan di sejumlah spot foto yang ada.

Baca Juga :  Remaja asal Lingga Tewas Tenggelam saat Memancing Udang

Pihak pengelola telah menyediakan berbagai pilihan spot menarik yang bisa Anda pilih untuk eksis bergaya. Misalnya saja seperti spot sayap, jam kayu, atau bulan yang terlihat cantik.

Selain itu, ada pula spot rumah kayu atau sarang burung yang semuanya terbuat dari ranting. Anda juga bisa berfoto di batu-batu besar atau gardu pandang yang juga memiliki panorama yang menawan.

Memacu Adrenalin di Wahana Ekstrem

Tak hanya menyediakan spot foto yang unik dan apik, Anda juga dapat menguji adrenalin di wahana yang tersedia. Salah satunya sepeda gantung yang berada pada ketinggian sekitar belasan meter dari tanah atau flying fox.

Gunung Dago
Foto : Gmap/Indah Harianin.

Anda yang tidak kuat jantung pasti langsung merasa berdebar terlebih saat angin menggoyang sepeda di tiap hembusannya. Selain itu, ada juga wahana ayunan jurang yang mirip dengan wahana terkenal di Tegalalang Rice Terrace.

Namun Anda tidak perlu khawatir, meski terlihat ekstrem, wahana ini telah memiliki perlengkapan dan tingkat keamanan yang tinggi. Sehingga keselamatan Anda dan pengunjung lain selama mencoba wahana tetap terjaga.

Camping Santai

Tidak hanya menyediakan fasilitas untuk berfoto, tempat ini juga memiliki fasilitas untuk Anda yang ingin bermalam. Terdapat area khusus berupa lapangan yang bisa Anda gunakan untuk berkemah bersama teman.

Saat camping, Anda bisa menikmati pesona Gunung Dago dengan lebih puas selama 24 jam. Mulai dari momen sunset yang romantis, menikmati malam bersama api unggun, hingga merasakan sejuknya udara pagi semua bisa Anda dapatkan.

Baca Juga :  Maluku Tenggara Barat Diguncang Gempa Bumi Magnitudo 5,0

Lalu untuk Anda yang tidak mau repot berkemah, juga bisa menyewa villa atau penginapan di Gunung Dago ini. Dengan begitu Anda dan keluarga bisa tetap nyaman saat bermalam di tengah alam yang masih asri ini..

Piknik Bersama Keluarga

Keindahan wisata alam ini juga bisa Anda nikmati tanpa harus menginap. Bahkan tidak sedikit pula wisatawan yang menjadikan kawasan sekitar tempat ini sebagai lokasi piknik mereka.

Gunung Dago

Salah satu lokasi yang bisa menjadi lokasi yang tepat untuk Anda piknik adalah gazebo yang tersebar di beberapa titik. Bentuk gazebo ini pun terlihat unik menyerupai saung namun dengan bentuk segitiga yang menjulang tinggi.

Jika Anda tidak membawa makanan pun tidak perlu khawatir karena tersedia juga warung di sini. Meski tidak menjual makanan khas Bogor yang terkenal enak seperti Soto Bogor, namun hidangan yang tersedia sudah cukup untuk mengobati rasa lapar Anda.

Bersepeda Menjelajah Bukit

Menjelajah bukit menggunakan sepeda menjadi salah satu aktivitas lain yang jadi favorit banyak orang. Saat pagi atau sore hari biasanya rombongan pesepeda dari Bogor dan sekitarnya beramai-ramai mengunjungi bukit ini.

Biasanya mereka berkeliling melewati desa hingga puncak melalui medan yang cukup berat. Sebagian besar jalan sepeda ini masih tanah berbatu dan licin saat hujan sehingga menjadi tantangan tersendiri yang memacu adrenalin.

Anda yang ingin mencoba aktivitas ini namun tidak membawa sepeda, bisa menyewa sepeda ontel yang tersedia. Meski berbeda dengan sepeda gunung milik Anda sendiri, keseruan bersepeda di kawasan bukit yang asri pasti tetap berkesan.

Gunung Dago