1.979 Jiwa Mengungsi
Situasi warga lereng semeru menuju pengungsian, Minggu (4/12/22). Foto tangkapan layar video akun instagram @bogortoday.

BOGOR-TODAY.COM, LUMAJANG – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan sebanyak 1.979 jiwa mengungsi imbas erupsi Gunung Semeru.

Berdasarkan catatan Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BNPB, terdapat 11 titik pengungsian dengan rincian 266 jiwa di SDN 4 Supiturang, 217 jiwa di Balai Desa Oro-oro Ombo, 119 jiwa di SDN 2 Sumberurip, 228 jiwa di Balai Desa Sumberurip.

Kemudian, 131 jiwa di Balai Desa Penanggal, 52 jiwa di Pos Gunung Sawur, 216 jiwa di Balai Desa Pasirian, 150 jiwa di Lapangan Candipuro, 600 jiwa di kantor Kecamatan Candipuro dan sisanya di SMPN 2 Pronojiwo

BACA JUGA :  Gulai Nangka Muda Bumbu Kuning, Menu Makan Lezat dengan Aroma Menggugah Selera

Melansir detik.com, Minggu (4/12/2022) erupsi juga berdampak pada sejumlah desa, meliputi Desa Capiturang dan Sumberurip di Kecamatan Pronojiwo, Desa Sumbersari di Kecamatan Rowokangkung, Desa Penanggal dan Desa Sumberwuluh di Kecamatan Candipuro dan Desa Pasirian di Desa Pasirian.

Hingga keterangan pers ini diterbitkan, belum ada laporan mengenai jatuhnya korban jiwa. Tim gabungan dari BPBD Kabupaten Lumajang, Basarnas, TNI, Polri, relawan, dan lintas instansi terkait terus melakukan upaya penyelamatan, pencarian, dan evakuasi.

BACA JUGA :  Kapan Puasa Syawal Dilakukan? Simak Ketentuannya

Sebanyak 10 ribu lembar masker kain, 10 ribu lembar masker medis dan 4.000 masker anak telah dibagikan untuk mengurangi dampak risiko kesehatan pernapasan akibat abu vulkanik. Sementara itu, pendirian dapur umum sedang dalam proses oleh PMI dan Dinas Sosial.

Status Awas

PVMBG Badan Geologi ESDM kini telah menaikkan status Gunung Semeru dari siaga menjadi awas. Kenaikan dari level 3 siaga ke level 4 itu terhitung mulai siang ini. (*)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================