BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Bogor Women’s Club (BWC) menggandeng Satgas Naturalisasi Ciliwung melanjutkan program Ciliwung tematik yang sebelumnya program tersebut dilakukan di Satgas Naturalisasi Ciliwung Sektor 6 Kedunghalang – Graha Grande, Sukaresmi, Bogor, pada tahun 2021 lalu sebelum pandemi melanda.

Kali ini BWC melakukan penanaman pohon langka jenis gowok dan bebersih sampah di bawah Jembatan Satu Duit, tepatnya di Ciliwung Sektor 5, Kampung Teplan RT 1/RW 12, Kelurahan Kedung Badak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, pada 9 Desember 2022.

Aksi bebersih di bantaran sungai Ciliwung oleh Bogor Women’s Club (BWC)

Divisi Sosial dan Lingkungan Hidup BWC, Asih Binti Sandi mengungkapkan, awalnya rencana mimpi BWC melakukan program Ciliwung tematik yang belum terlaksana yaitu di Titik 0 Kilometer Ciliwung,Telaga Saat, Puncak.

BACA JUGA :  Hari Pertama Pj Wali Kota Bogor Keliling Setda dan Pimpin Briefing Staff

Maka dari itu, sementara BWC melaksanakan penanaman di wilayah Kota Bogor bersama Satgas Naturalisasi Ciliwung dan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) yang berpotensi ditanami pohon yaitu di Sektor 4, 5 dan 6 Ciliwung.

“Sesuai dengan program ciliwung tematik, setiap sektor itu ditanami satu jenis pohon. Rencana awal januari 2023 nanti kita akan menanam pohon kemang di Satgas naturalisasi ciliwung sektor 4,” ungkapnya.

Asih mengatakan, kali ini BWC menanam pohon langka jenis gowok yang bertujuan untuk menginspirasi semua banyak orang. “Karena tujuannya agar anak cucu kita nanti bisa mengenal dan melihat merasakan syukur bisa melestarikan. Jadi, setiap sektor itu kita tanami satu jenis pohon langka,” katanya.

BACA JUGA :  Ucapan Akhir Kepemimpinan Bima Arya dan Dedie Rachim: Hatur Nuhun Sadayana, Abdi Pamit
Penanaman Pohon langka di Sektor 5 Ciliwung oleh Bogor Women’s Club (BWC)

Dia berharap dengan aksi penanaman pohon langka ini, semoga anak cucu kita nanti masih bisa mengenal pohon langka itu. Kemudian Ciliwung ini bisa kembali ada pohon.

“Semoga dengan adanya ciliwung tematik ini warga bisa terinspirasi mau menanam sendiri terutama di bantaran ciliwung yang gundul. Selain itu ciliwung tematik ini bisa menjadi destinasi wisata dengan adanya pohon langka yang sudah kami tanam,” harapnya. (*)

============================================================
============================================================
============================================================