Donald Djatunas Pandiangan
Google Doodle 12 Desember 2022 menampilkan animasi sosok Donald Djatunas Pandiangan. Foto tangkapan layar.

BOGOR-TODAY.COM – Google Doodle 12 Desember 2022 menampilkan animasi sosok Donald Djatunas Pandiangan. Menelisik sejarah, Donald Pandiangan merupakan atlet dan pelatih panahan Indonesia yang lahir di Sidikalang, Sumatera Utara, 12 Desember 1945.

Donald Pandiangan disebut-sebut sebagai “Robin Hood” Indonesia karena prestasinya yang sangat gemilang dalam olahraga panahan. Donald Pandiangan berhasil mengukir prestasi sebagai juara Sea Games sebanyak 4 kali.

Donald Djatunas Pandiangan

Sebagai pelatih, Donald berhasil membawa trio Srikandi yaitu Lilies Handayani, Nurfitriyana Saiman dan Kususma Wardhani). Mereka berhasil merebut medali perak Olimpiade Seoul 1988 yang merupakan medali pertama bagi Indonesia sepanjang sejarah partisipasinya dalam Olimpiade.

BACA JUGA :  Kecelakaan Mobil Pikap di Kendal Terbalik ke Sawah, Angkut Wisatawan

Diketahui, Robin Hood merupakan tokoh dalam cerita rakyat masyarakat Inggris yang dikenal sebagai seorang pemanah yang andal.

Keandalannya dalam memanah, membuat Robin Hood disegani baik oleh kawan maupun musuh-musuhnya.

Tak hanya itu, Robin Hood dikenal sebagai karakter yang kompleks karena disatu sisi menjadi pemberontak tetapi di sisi lain membantu kaum miskin dari para saudagar kikir.

BACA JUGA :  Mengikuti Halal Bihalal Forsesdasi, Sekda Burhanudin Ingatkan Pentingnya Kerja Sabilulungan

Awal mula Donald Pandiangan dijuluki Robin Hood

Pria bernama lengkap Donald Djatunas Pandiangan lahir pada 12 Desember 1945 di Sidikalang, Dairi, Tapanuli.

Sejak muda, Donald Pandiangan memang menunjukan bakat ketangkasan dan fokus mata yang sangat tajam. Donald Pandiangan memecahkan rekor dunia di nomor Curve 70m pada PON IX 1977 di Jakarta.

============================================================
============================================================
============================================================