Tak Hanya Batuk dan Sulit Bernapas, Ini Dia 10 Tanda Penyakit Paru-paru

BOGOR-TODAY.COM – Salah satu organ penting dalam tubuh manusia adalah paru-paru yang perlu dijaga kesehatannya. Kerusakan paru-paru bisa mengakibatkan banyak masalah.

Paru-paru merupakan organ respirasi yang berhubungan dengan sistem pernapasan dan peredaran darah. Organ ini berfungsi dalam menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

Tanda Penyakit Paru-paru

Mengetahui gejala awal paru-paru yang rusak dapat membantu Anda dalam mendapatkan penanganan. Penting bagi Anda untuk memperhatikan beberapa gejala berikut, mengutip berbagai sumber.

  1. Nyeri dada kronis
BACA JUGA :  Wajib Tahu! Cara Melancarkan BAB Secara Alami, Bisa Cegah Sembelit Juga

Nyeri dada yang tak dapat dijelaskan bisa jadi salah satu gejala awal kerusakan pada paru-paru. Nyeri dada kronis biasanya berlangsung selama sebulan atau lebih. Biasanya, rasa nyeri akan semakin parah saat Anda bernapas atau batuk.

  1. Kuku membiru

Kondisi apa pun yang membuat tubuh tak mendapatkan cukup oksigen akan memicu perubahan warna pada bagian tubuh tertentu, termasuk pada kuku. Kuku akan terlihat menjadi kebiruan.

  1. Sesak napas
BACA JUGA :  Ternyata Buah Sawo Punya Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Simak Ini

Tak normal jika sesak napas tak kunjung hilang setelah berolahraga atau beraktivitas fisik. Sesak napas juga tak akan muncul jika Anda tak melakukan apa-apa.

Jika Anda mengalami kesulitan bernapas tanpa sebab atau berkepanjangan, maka Anda perlu waspada.

  1. Sering lelah

Rasa lelah yang tak menentu atau muncul dalam intensitas tinggi bisa jadi gejala dari banyak penyakit, termasuk di antaranya paru-paru.

============================================================
============================================================
============================================================