Ini Dia 4 Tahap Asam Urat Berdasarkan Tingkat Keparahannya yang Perlu Diketahui

BOGOR-TODAY.COM – Asam urat adalah penyakit kronis yang diakibatkan dari tingginya kadar asam urat di dalam darah. Ternyata ada 4 tahap tingkat keparahan penyakit asam urat.

Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Umumnya, penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang pria, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Pada wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah terkena menopause. Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari, dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama.

4 Tahap asam urat

Asam urat memiliki empat tahapan berdasarkan tingkat keparahannya, yaitu:

  1. Asam urat asimtomatik

Ini merupakan tahap awal asam urat. Dalam kondisi ini, seseorang sudah memiliki kadar asam urat yang tinggi atau hiperurisemia, tetapi belum merasakan gejala apapun.

BACA JUGA :  Seleksi Paskibraka Kota Bogor Dibuka, Pendaftaran Online Jaring 36 Siswa

Meski saat berada di tahap asimtomatik asam urat tidak menimbulkan gejala, pengobatan dan mengubah gaya hidup sebaiknya tetap dilakukan.

Pasalnya, hiperurisemia mengakibatkan ginjal tidak dapat bekerja secara optimal, yang menyebabkan asam urat bertambah parah, batu ginjal, atau penyakit ginjal lainnya.

  1. Gout akut

Tahapan kedua asam urat disebut dengan gout akut. Dalam kondisi ini, kelebihan asam urat terkumpul di bagian dalam persendian dan membentuk kristal.

Saat berada dalah tahap gout akut, orang akan merasakan nyeri pada jempol kaki, pergelangan kaki, lutut, dan pergelangan tangan.

Selain nyeri, gejala lainnya yaitu, kemerahan, bengkak, dan panas pada sendi yang terkena serangan asam urat.

  1. Interval atau interkritikal gout

Pada fase interkritikal, penderita gout umumnya merasa sudah sembuh karena tak lagi merasakan serangan dalam beberapa waktu.

Bahkan, pada fase ini, beberapa penderita asam urat tidak akan merasa nyeri di sendinya meski dipakai untuk berolahraga berat.

BACA JUGA :  Menu Bekal dengan Nasi Goreng Ayam Teriyaki yang Simple Tapi Lezat

Kendati demikian, asam urat dapat terus menumpuk di aliran darah dan sendi Anda.

Karena itu, Anda dianjurkan untuk tetap rutin mengecek kadar asam urat, kontrol ke dokter, konsumsi obat, dan melakukan gaya hidup sehat untuk mencegah asam urat kambuh.

  1. Pirai kronis bertofus

Ini merupakan tahap asam urat yang paling parah atau sudah sangat kronis.

Tahap pirai kronis bertofus paling sering terjadi pada mereka yang tidak melakukan pengobatan asam urat sehingga tahap gout akut dan tahap interkritikal terjadi silih berganti.

Pada tahap pirai kronis bertofus, penderita asam urat akan menemui nodul lunak atau pertumbuhan jaringan tak normal berupa tonjolan atau benjolan.

Benjolan-benjolan itu bisa terdapat di sekitar sendi, telinga, atau kelopak mata.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================