Ini Dia 4 Tahap Asam Urat Berdasarkan Tingkat Keparahannya yang Perlu Diketahui

BOGOR-TODAY.COM – Asam urat adalah penyakit kronis yang diakibatkan dari tingginya kadar asam urat di dalam darah. Ternyata ada 4 tahap tingkat keparahan penyakit asam urat.

Semua sendi di tubuh berisiko terkena asam urat, tetapi sendi yang paling sering terserang adalah jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Umumnya, penyakit asam urat dapat lebih mudah menyerang pria, khususnya mereka yang berusia di atas 30 tahun.

Pada wanita, penyakit asam urat ini dapat muncul setelah terkena menopause. Rasa sakit yang dialami pengidap asam urat dapat berlangsung selama rentang waktu 3-10 hari, dengan perkembangan gejala yang begitu cepat dalam beberapa jam pertama.

BACA JUGA :  Kecelakaan 2 Remaja Boncengan Motor di Polman Sulbar Tewas usai Tabrakan dengan Truk

4 Tahap asam urat

Asam urat memiliki empat tahapan berdasarkan tingkat keparahannya, yaitu:

  1. Asam urat asimtomatik

Ini merupakan tahap awal asam urat. Dalam kondisi ini, seseorang sudah memiliki kadar asam urat yang tinggi atau hiperurisemia, tetapi belum merasakan gejala apapun.

BACA JUGA :  Durhaka! Anak di Makassar Tega Aniaya Ibu Kandung, Ancam Akan Bakar Rumah

Meski saat berada di tahap asimtomatik asam urat tidak menimbulkan gejala, pengobatan dan mengubah gaya hidup sebaiknya tetap dilakukan.

Pasalnya, hiperurisemia mengakibatkan ginjal tidak dapat bekerja secara optimal, yang menyebabkan asam urat bertambah parah, batu ginjal, atau penyakit ginjal lainnya.

  1. Gout akut

Tahapan kedua asam urat disebut dengan gout akut. Dalam kondisi ini, kelebihan asam urat terkumpul di bagian dalam persendian dan membentuk kristal.

============================================================
============================================================
============================================================