BOGOR-TODAY.COM, BOGORMasyarakat Kota Bogor kini memiliki gedung perpustakaan dan galeri yang layak untuk dikunjungi dan dimanfaatkan. Gedung eks kantor DPRD Kota Bogor ini disulap menjadi tempat yang nyaman dan representatif, dilengkapi area baca, galeri hingga ruang auditorium.

Dalam peresmian itu dihadiri Kepala Perpustakaan Nasional, M. Syarif Bando, Sekda Kota Bogor, Syarifah Sofiah, Bunda Literasi Kota Bogor, Yane Ardian, Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan (Diarpus) Kota Bogor, Agung Prihanto, perwakilan Keluarga R.M Tirto Adhi Soerjo, para kepala perangkat daerah Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor.

Usai peresmian gedung Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor, pada Sabtu 17 Desember 2022, mereka tour keliling Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor. Area baca anak dan area baca disabilitas di lantai 1 menjadi ruang pertama yang dituju Bima Arya dan rombongan.

BACA JUGA :  Tersambar Petir saat Cari Ikan, Nelayan di Pesisir Barat Tewas

Di lantai 2, ada dua area baca utama, area multimedia, area baca langka dan referensi menjadi ruangan selanjutnya yang dituju.

Khusus di lantai 3, menampilkan galeri tentang Kota Bogor dari masa ke masa. Pojok Tirto sebagai apresiasi Pemkot Bogor untuk R.M Tirto Adhi Soerjo. Dan terakhir adalah ruang Auditorium yang menjadi lokasi talkshow literasi milenial.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menyampaikan, membaca adalah bermimpi dengan mata terbuka, berlari dengan segenap jiwa. Buku adalah jembatan menuju impian dan perpustakaan adalah sumber peradaban.

Bima Arya berharap Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor menjadi tempat yang digerakkan oleh komunitas bukan hanya oleh dinas.

BACA JUGA :  Panas Siang Hari Paling Nikmat Menyantap Rujak Buah Bumbu Kecap Dijamin Bikin Melek, Ini Dia Cara Membuatnya

Perpustakaan ini adalah ikhtiar kita agar kita semua, terutama generasi muda belajar dari masa lalu untuk menjemput masa depan. Perpustakaan ini adalah tempat bagi kita semua untuk merajut cita dengan saling belajar. Bagi komunitas di Kota Bogor silakan, inilah rumah Anda semua,” kata Bima Arya.

Namun di sisi lain, ia menyadari gedung Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor ini belum rampung sepenuhnya, tapi ke depan fasilitas, koleksi buku dan sebagainya akan ditambah.

Untuk lebih melengkapi koleksi, rencananya tahun depan akan diresmikan galeri Wali Kota Bogor dari masa ke masa.

============================================================
============================================================
============================================================