
BOGOR-TODAY.COM – Agar gula darah tetap stabil, Anda bisa mengonsumsi beberapa minuman yang dapat membantu menurunkan gula darah.
Penting bagi setiap orang untuk menjaga kadar gula darah tetap sehat, utamanya mereka yang hidup dengan diabetes. Kadar gula darah yang terlalu tinggi bisa memicu sejumlah masalah.
Pada dasarnya, tak ada patokan soal kadar gula darah normal. Kadar gula darah akan berubah-ubah setiap waktu.
Ada beberapa minuman yang dapat membantu mengontrol kadar gula dalam darah. Minuman ini umumnya tak ditambahkan dengan gula.
Minuman Penurun Kadar Gula Darah
Berikut beberapa minuman penurun kadar gula darah yang bisa dikonsumsi, mengutip berbagai sumber.
- Air mineral
Air mineral adalah air terbaik yang bisa Anda teguk demi kesehatan. Air bekerja dengan membantu ginjal mengeluarkan kelebihan gula dalam darah.
Terbukti, sebuah studi yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition Research menemukan bahwa seseorang dengan asupan air yang rendah memiliki risiko hiperglikemia (gula darah tinggi) yang lebih tinggi dibanding mereka yang sering minum air.
- Jus sayur
Alih-alih meminum jus buah yang tinggi gula, Anda bisa mencari alternatif jus lainnya lewat sayur.
Anda bisa membuat jus sendiri dengan bahan-bahan sehat seperti seledri, mentimun, atau sayuran berdaun hijau lainnya.
- Susu rendah lemak
Meski mengandung vitamin dan mineral penting, namun susu menambahkan banyak karbohidrat dalam pola makan harian.
Untuk mengatasinya, Anda bisa memilih susu rendah lemak atau bisa juga susu skim.
Selain itu, Anda juga bisa menjadikan susu nabati sebagai alternatif. Anda bisa mencoba susu almond, oat, atau kedelai.
- Teh hijau
Teh hijau kaya akan polifenol. Dengan kandungan ini, teh hijau disebut efektif menurunkan risiko diabetes tipe-2.
Senyawa dalam teh hijau dapat menurunkan peradangan dan hormon stres dalam tubuh. Kondisi ini disebut dapat membantu melawan resistensi insulin.
Namun, Anda disarankan untuk meminum teh hijau tanpa pemanis tambahan agar lebih sehat.
- Teh chamomile
Sebuah studi pada tahun 2016 menunjukkan bahwa orang yang minum teh chamomile tiga kali dalam sehari selama delapan pekan berturut-turut memiliki kontrol glikemik yang baik. Dengan catatan, teh chamomile diminum tanpa pemanis.
- Kopi
Anda disarankan minum 1-2 cangkir kopi dalam sehari jika ingin mencegah lonjakan gula darah. Namun, efek tersebut bisa jadi maksimal jika kopi diminum tanpa tambahan krim dan gula.
Sebuah tinjauan pada tahun 2019 menunjukkan bahwa antioksidan yang ditemukan dalam kopi dapat membantu melawan peradangan dan stres oksidatif.
- Kombucha
Kombucha masuk dalam daftar minuman penurun kadar gula darah. Kombucha merupakan minuman fermentasi yang terbuat dari teh hitam atau hijau.
Kombucha dikenal sebagai sumber probiotik yang baik. Probiotik membantu meningkatkan kemampuan kontrol gula darah, khususnya pada orang dengan diabetes.
Bagi HalamanFollow dan Baca Artikel lainnya di Google News atau whatsapp channel
====================================== ====================================















