8 Makanan yang Mengandung Vitamin A yang Perlu Diketahui

BOGOR-TODAY.COM – Vitamin A adalah vitamin penting yang larut dalam lemak yang ditemukan di banyak jenis makanan. Tak hanya wortel yang mengandung vitamin A, masih banyak makanan yang mengandung vitamin A.

Vitamin A sangat penting untuk kesehatan Anda dalam beberapa cara. Tubuh Anda tidak dapat memproduksi vitamin A dari awal, yang menjadikannya sebagai mikronutrien penting. Itu artinya Anda perlu mendapatkan vitamin ini dari makanan.

Makanan mengandung vitamin A

Berikut makanan yang mengandung vitamin A:

  1. Ubi

Sebuah ubi jalar utuh mengandung 1.400 mcg vitamin A di kulitnya. Itu lebih dari 150 persen dari kebutuhan harian Anda dalam satu porsi. Bagi orang-orang yang mengikuti pola makan nabati, ini membuat ubi jalar menjadi sumber vitamin A.

  1. Bayam

Satu porsi setengah cangkir bayam mengandung lebih dari 570 mcg vitamin A. Apakah Anda memakannya mentah, dalam smoothie, atau dimasak menjadi hidangan, bayam adalah cara yang bagus untuk mendapatkan serat dan vitamin A pada saat yang bersamaan.

  1. Hati
BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Hadiri Kegiatan Prosesi Pengantar Tugas Sekjen Kementerian Dalam Negeri

Hati adalah sumber terkaya vitamin A di luar suplemen. iga ons hati yang dimasak mengandung sebanyak 6600 mcg vitamin A, atau lebih dari 700 persen dari kebutuhan harian Anda.

Hati adalah sumber vitamin A yang sangat efektif sehingga beberapa sumber merekomendasikan makan hati tidak lebih dari sekali seminggu untuk menghindari konsumsi vitamin terlalu banyak.

  1. Wortel

Wortel merupakan sumber beta-karoten yang sangat baik. Setengah cangkir wortel mentah mengandung lebih dari 450 mcg vitamin A. Inilah salah satu alasan mengapa wortel disebut-sebut bagus untuk penglihatan Anda.

  1. Produk susu (dairy)

Susu secara umum merupakan sumber vitamin A yang sangat baik. Bergantung pada sumber susu, satu porsi dapat mengandung antara 100 dan 300 mcg vitamin A.

  1. Labu
BACA JUGA :  Membahas Koalisi, Golkar Ajak Demokrat Bernostalgia di Pilkada 2024

Semua bentuk labu kuning mengandung beberapa vitamin A, tetapi labu adalah raja dalam hal nutrisi ini. Sepotong pai labu mengandung 480 mcg vitamin A, yang lebih dari setengah kebutuhan harian Anda.

  1. Blewah

Vitamin A dapat rusak saat dipanaskan, jadi sumber mentah nutrisi ini penting. Blewah hampir selalu dikonsumsi mentah, jadi menambahkan beberapa melon ini ke dalam makanan Anda dapat meningkatkan asupan vitamin A. Setengah cangkir blewah memiliki 135 mcg vitamin A per porsi.

  1. Paprika merah

Paprika merah mengandung sejumlah besar vitamin A, hampir 120 mcg dalam porsi setengah cangkir. Di sisi lain, paprika hijau hanya memiliki 18 mcg.

Selain itu, masih ada makanan yang mengandung vitamin A lainnya yang bisa Anda nikmati.

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================