Pengamat Nilai Kedepan Akan Jadi Bola Liar Jika Proses Rotasi Promosi ASN Ada Campur Tangan Pihak Luar

BOGOR-TODAY.COM, BOGOR – Rencana rotasi promosi ASN di lingkungan Pemkot Bogor, masih mendapatkan sorotan dari berbagai kalangan.

Ya, ini terjadi karena mencuatnya kabar mengenai adanya campur tangan pihak lain di luar Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat).

Pengamat Politik dan Kebijakan Publik, Yusfitriadi menegaskan, bahwa isu miring mengenai campur tangan pihak luar dalam pengelolaan pemerintah daerah bukan hanya kali ini terjadi. Bahkan, tak cuma dalam pada konteks rotasi promosi aparatur saja.

“Bahkan sering sekali kita mendengar ada campur tangan atau ‘pesanan’ pihak tertentu di pelaksanaan mutasi dan itu akan menjadi bola liar ke depannya,” ungkap Yus kepada wartawan, Kamis 26 Januari 2023.

BACA JUGA :  Lokasi SIM Keliling Kabupaten Bogor, Jumat 19 April 2024

Hal itu, masih ujar dia, karena jabatan-jabatan strategis tersebut sesuatu yang bersifat teknis dijalankan.

“Tinggal sekarang bisa atau tidak Wali Kota Bogor Bima Arya menepis stigma tersebut. Tentu menepisnya bukan hanya sekedar retorik, namun menampilkan berbagai indikator, bahwa dalam rotasi atau mutasi jabatan tak ada intervensi, tidak ada campur tangan dan tak ada juga pesanan dari pihak manapun,” papar Yus.

Masih kata Yus, indikatornya dapat dilihat dari rotasi dan promosi dilakukan berdasarkan evaluasi dan kebutuhan atau tak tiba-tiba.

BACA JUGA :  Bima Arya Ajak Ratusan PKWT Ngaliwet, Siap Perjuangkan Kesejahteraan

“Termasuk kebutuhan yang harus menjadi pertimbangan, baik kebutuhan kwantitatif maupun kebutuhan kwalitatif. Kedua, kompetensi karena banyak sekali preseden tidak bagus dalam merotasi jabatan yang berkaitan dengan kompetensi,” beber dia.

Ketiga, kinerja dan prestasi pada mutasi serta rotasi tentu saja harus mempertimbangkan kinerja dan prestasi. Jangan sampai yang mempunyai kinerja bagus dan prestasi kuat, malah dimutasi atau terkesan dibuang.

“Jika tiga hal tadi tidak menjadi pertimbangan, bahkan hanya sekedar politis saja. Maka sudah hampir dipastikan kuatnya ada campur tangan pihak luar,” pungkasnya. (*)

============================================================
============================================================
============================================================