DPIS IPB University Gelar Diskusi Virtual Peran Strategis Blue Economy dalam Pembangunan Ekonomi Nasional

BOGOR-TODAY.COM, BOGORDirektorat Publikasi Ilmiah dan Informasi Strategis (DPIS) IPB University melangsungkan diskusi secara virtual yang bertajuk the 38th IPB Strategic Talks “Peran Strategis Blue Economy dalam Pembangunan Ekonomi Nasional“, pada Rabu 25 Januari 2023.

Ekonomi biru (blue economy) telah menjadi konsep ekonomi global penting dalam rangka memanfaatkan sumber daya kelautan secara berkelanjutan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan untuk menjaga kelestarian ekosistem laut dan pesisir.

Direktur DPIS IPB, Dr. Eva Anggraini, S.Pi, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa tujuan penting dalam diskusi ini adalah untuk mengkaji bagaimana mengimplementasikan konsep blue economy dan perangkat apa yang efektif untuk mewujudkannya sesuai dengan konteks Indonesia.

BACA JUGA :  Hilangkan Kerutan dan Wajah Kendur, Wajah Kencang Bebas Noda Hitam Hanya dengan Jeruk Nipis, Ini Dia Caranya

Diskusi ini diharapkan menghasilkan pemikiran yang dapat ditawarkan sebagai inspirasi bagi publik serta sebagai input bagi pemangku kebijakan, imbuhnya.

The 38th Strategic Talks menghadirkan tiga narasumber utama, yaitu Amalia Adininggar Widyasanti, ST, M.Si, M.Eng, Ph.D (Deputi Bidang Ekonomi, Kementerian PPN/Bappenas), Dr. Abdul Wahib Situmorang (Senior Adviser for Climate Governance, UNDP Indonesia), dan Prof. Dr. Ir. Luky Adrianto, M.Sc. (Guru Besar Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, FPIK, IPB University), serta dimoderatori oleh Dr. Alfian Helmi, S.Kpm., M.Sc., yang juga merupakan Asisten Direktur Bidang Informasi Strategis, DPIS IPB.

Amalia Adininggar Widyasanti, Ph.D, menjelaskan bahwa kerangka kerja blue economy adalah dengan menciptakan nilai tambah dan meningkatkan produktivitas ekonomi berbasis kelautan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Blue economy merupakan peluang ekonomi baru untuk Indonesia yang mengintegrasikan isu antar sektor.

BACA JUGA :  Tape Ketan Ternyata Miliki Banyak Manfaat untuk Kesehatan, Simak Ini

Terdapat 3 kata kunci dalam mengimplementasikan konsep blue economy, yaitu value creation, inklusifitas (inclusivity), and berkelanjutan (sustainable). “Blue economy merupakan bagian dari redesain transformasi ekonomi Indonesia dengan menciptakan nilai tambah, inklusif dan berkelanjutan”, imbuhnya.

Blue economy bukannya hanya sektor perikanan melainkan seluruh sektor yang berbasiskan laut.

Lebih lanjut, Dr.Amalia tidak menampik adanya tantangan dalam implementasi konsep blue economy di lapangan, Tantangan-tantangan tersebut meliputi cara menanggulangi polusi, permasalahan infrastruktur yang terbatas, pencemaran air, dan degradasi lingkungan.

============================================================
============================================================
============================================================