Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto : Desa dan Kecamatan Tidak Dibatasi Usulan Programnya

DPRD
Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto meminta agar usulan melalui Musrenbang desa dan kecamatan jangan dibatasi.

BOGOR-TODAY.COM, CIBINONG – Musyawarah Pembangunan (Musrenbang) di tingkat desa dan kecamatan sedang bergulir DPRD Kabupaten Bogor meminta agar pembangunan efektif berdampak pada peningkatan pelayanan publik.

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto meminta, pelaksanaan Musrenbang menjadi forum untuk menyerap aspirasi masyarakat akan Pembangunan yang dibutuhkan Publik.

Rudy meminta penentuan skala prioritas pembangunan dari semua usulan dari desa dan kecamatan yang masuk harus benar-benar mengedepankan aspek efektivitas untuk pemulihan ekonomi dan pembangunan sumber daya manusia.

BACA JUGA :  Cek Jadwal dan Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Jumat 29 Maret 2024

“Saya minta pembahasan di tingkat Kecamatan juga mengacu pada garis besar rencana pembangunan daerah,” kata Rudy.

Bersinergi dan menghasilkan pembangunan yang efektif dan berdampak terhadap peningkatan kualitas pelayanan Publik, menciptakan lapangan kerja baru, mengurangi angka pengangguran.

“Dan tentunya mencegah penghamburan sumber daya, serta meningkatkan efisiensi perekonomian,” papar politisi Gerindra itu.

Rudy memberi catatan penting agar Musrembang menjadi forum untuk merumuskan pembangunan dengan pendekatan bottom-up.

Karena itu, Pemerintah desa dan kecamatan jangan dibatasi dalam mengusulkan program yang betul-betul dibutuhkan dan diperlukan masyarakat untuk di input dalam Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

BACA JUGA :  DPRD Desak Pemkot Selesaikan Masalah Kemiskinan dan Pengangguran di Kota Bogor

“Usulkan semua program Nanti diakhir tinggal kita lihat kemampuan ketersediaan anggaran dan kita pilah kembali mana program yang prioritas. Jadi jangan sampai diakhir tahun pada saat kita menetapkan APBD 2024 banyak program unggulan yang tidak ada dalam SIPD karena dibatasi alokasi usulannya, sehingga kami DPRD tidak dapat menganggarkan,” tegasnya.

============================================================
============================================================
============================================================