Ketua Dewan Rudy Susmanto Minta Program Samisade Dilanjut Hingga 2024

BOGOR-TODAY.COM, CIBINONG – Dirasa sangat efektif, DPRD Kabupaten Bogor meminta agar Program Samisde tetap dilanjutkan pada program pembangunan hingga tahun 2024 mendatang.

Menurut Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, Program Samisade dalam bentuk bantuan keuangan infrastruktur di desa tersebut cukup baik untuk akselerasi dan pemerataan pembangunan di Desa.

“Secara pribadi maupun kelembagaan DPRD Kabupaten Bogor, saya meminta agar Program Samisade berupa bantuan keuangan infrastruktur desa tetap dilanjutkan, dan harus dianggarkan dalam APBD 2024,” tegas Rudy Susmanto.

Rudy mengatakan, DPRD Kabupaten Bogor sangat mendukung Program Samisade tersebut. Buktinya, pada APBD 2023 yang saat ini sedang berjalan, program Samisade mendapat alokasi anggaran sebesar Rp 407 miliar.

BACA JUGA :  Hindari 5 Makanan Penyebab Kamu Pikun, Ternyata Sering Dikonsumsi

“Alokasi anggaran Samisade meningkat di tahun 2023 ini menjadi Rp 407 miliar, dibanding tahun sebelumnya hanya Rp 395 miliar, dan jauh lebih besar dari awal program ini diluncurkan pada 2021 dengan alokasi anggaran Rp 372 miliar,” jelasnya.

Dia menganggap program ini cukup baik dalam mengakselerasi pembangunan di desa, sehingga Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Bogor menyetujui Samisade kembali dianggarkan.

Program Samisade sangat penting untuk memberikan rasa keadilan pada masyarakat dengan menggunakan fungsi distribusi APBD untuk pemerataan pembangunan. Karena pembangunan di wilayah kita akhirnya menggunakan sistem bottom up dari bawah ke atas,” paparnya.

“Jadi yang dibutuhkan masyarakat melalui masing-masing desa diakomodir dalam anggaran Samisade,” tambah politisi Gerindra itu.

BACA JUGA :  Melonguane Sulut Guncang Gempa Magnitudo 4,6

Program Samisade juga bertujuan untuk mengurangi angka pengangguran terbuka, kemudian meminimalkan warga yang menjadi pekerja migran, serta mengurangi minat masyarakat bermigrasi ke kota-kota besar.

“Dengan memanfaatkan potensi desa itu, maka kesejahteraan warga desa akan lebih cepat tercapai,” harapnya

Selain itu, Program Samisade juga bisa menggerakkan perekonomian lokal. Dengan melibatkan banyak tenaga kerja setempat.

Perputaran uang dari Program Samisade tersebut, pada akhirnya memberi tetesan bagi banyak warga Kabupaten Bogor dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

“Dengan infrastruktur yang memadai warga Kabupaten Bogor bisa lebih produktif dalam memanfaatkan berbagai potensi daerahnya, lebih kreatif, inovatif serta mandiri,” pungkasnya. ***

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================