Gempa Bumi di Turki dan Suriah, Ratusan Jiwa Dilaporkan Tewas

gempa Bumi

BOGOR-TODAY,COM  –  Gempa bumi berkekuatan 7.8 skala Richter yang mengguncang Turki dan Suriah mengakibatkan ratusan jiwa tewas.

Dilaporkan theguardian.com, ribuan orang lainnya terluka ketika gempa tersebut meluluhlantakkan seluruh bagian dari kota-kota besar.

Hingga pukul 09.00 GMT, jumlah korban tewas mencapai 237 orang di wilayah Suriah, 147 orang di wilayah utara dan 284 orang di Turki.

Jumlah korban diperkirakan akan terus bertambah karena petugas penyelamat dan penduduk saat ini masih mencari korban lainnya yang masih hidup di bawah reruntuhan bangunan.

BACA JUGA :  Tertimpa Pohon Tumbang, 2 Pemotor di Purwakarta Tewas

Sekadar informasi, gempa tersebut terjadi pada pukul 4.17 pagi waktu setempat (1.17 pagi GMT) pada kedalaman sekitar 17,9 km (11 mil) di dekat kota Gaziantep, Turki, yang merupakan rumah bagi sekitar 2 juta orang,

Pusat layanan darurat Afad di Turki menyatakan bahwa gempa pertama berkekuatan 7,4 SR, lalu diikuti oleh lebih dari 40 gempa susulan.

BACA JUGA :  Pj. Bupati Bogor Ingatkan PPPK untuk Melayani Masyarakat Kabupaten Bogor Secara Optimal

Sementara salah satu warga di Kota Pazarcık bernama Nihat Altundag mengungkapkan dirimya mengkhawatirkan orang-orang yang terjebak di bawah reruntuhan bangunan.

“Rumah kami terlihat kokoh dari luar, namun ada retakan di dalamnya. Ada bangunan yang hancur di sekitar saya, ada rumah yang terbakar, ada bangunan yang retak,”ungkap Nihat Altundağ, seperti mengutip theguardian.com

============================================================
============================================================
============================================================