Pasca Kebakaran Hutan, Pemerintah Chili Meningkatkan Status Siaga  

pemerintah chili

BOGOR-TODAY.COM  –   Peristiwa kebakaran hutan di Chili yang menewaskan 23 orang membuat pemerintah setempat memperluas kewaspadaannya dengan meningkatkan status siaga.

Pemerintah Chili mengumumkan meninngkatkan status siaga mencangkup wilayah selatan Araucania, di sebelah wilayah Biobio dan Nuble yang yang terletak di dekat garis pantai Pasifik panjang negara Amerika Selatan.

Tindakan tersebut memungkinkan pemerintah Chili untuk memobilisasi militer untuk membantu memadamkan kebakaran hutan itu.

“Kondisi cuaca membuat sulit petugas untuk memadamkan kebakaran yang menyebar dan membuat kaeadaan semakin darurat dan memburuk,” kata Menteri Dalam Negeri, Carolina Toha di ibu kota Chili keapda wartawan seperti mengutip dari halaman Aljazeera.com.

BACA JUGA :  Bejat, Cabuli 2 Bocah Laki-laki, Pemilik Bengkel di Solok Ditangkap

Sedikitnya 23 orang tewas dalam kebakaran hutan tersebut, sementara 979 dilaporkan terluka. Lebih dari 1.100 telah mencari perlindungan di tempat penampungan.

“Sekitar 11 korban, atau hampir setengah dari mereka yang dilaporkan tewas sejauh ini, meninggal di kota Santa Juana di Biobio, yang terletak sekitar 500 km (310 mil) selatan Santiago,” katanya.

BACA JUGA :  Susu Kurma Bisa Bantu Diet? Ini Dia Kandungan dan Manfaatnya

Kematian juga termasuk seorang pilot Bolivia yang tewas ketika sebuah helikopter yang membantu memadamkan kobaran api jatuh di Araucania. Seorang mekanik Chili juga tewas dalam kecelakaan itu.

Sekitar 232 kebakaran hutan masih barlasngung hingga hari ini. Menurut pihak berwenang, 16 pemicu kebakaran hutan ini terus berlasngung salah satunya suhu di lokasi saat ini belahan bumi selatan tengah musim melebihi 40C.

============================================================
============================================================
============================================================