Korban Gempa Turki Mencapai 650 Orang, Diperkirakan Korban Akan Terus Bertambah

korban gempa

BOGOR-TODAY.COM  –    Benacana alam Gempa Turki yang berkekuatan 7,8 dengan pusat gempa di Turki Tenggara dekat perbatasan Suriah Utara telah tercatat korban gempa 650 orang dari kedua negara tersebut.

Tidak hanya menewaskan orang, Gempa Turki juga meluluh lantahkan ribuan gedung di kedua negara itu. Hingga kini petugas dari pemerintah Turki sedang melakukan efakuasi korban gempa.

Diperkirakan korban gempa akan terus bertambah baik di Turki maupun negara lainnya yang terdampak. Mengingat, para ahli gempa menyebutkan akan ada gempa susulan berukutnya.

BACA JUGA :  Tes Kepribadian: Sifat dan Karakter Tersembunyi Seseorang Diungkap dari Bentuk Kaki

Peringatan ahli bahwa gempa susulan berlanjut selama berhari-hari atau berminggu-minggu. Getaran juga dirasakan hingga Siprus, Mesir dan Lebanon.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengatakan di Twitter bahwa, tim pencarian dan penyelamatan segera dikirim ke daerah yang dilanda gempa, seperti mengutip dari Aljazeera.com.

Sementara itu, Pertahanan Sipil Suriah, yang beroperasi di wilayah Suriah utara yang dikuasai oposisi, menyatakan keadaan darurat dan mengimbau komunitas internasional untuk mendukung penyelamatan warga sipil di Suriah.

Diberitakan sebelumnya, gempa berkekuatan 7,8 M terjadi pada pukul 04:17 (01:17 GMT), dengan pusat gempa di Kahramanmaras di provinsi Gaziantep, sekitar 33 km (20 mil) dari ibu kota Gaziantep, Turki.

BACA JUGA :  Cek Lokasi SIM Keliling Kota Bogor, Kamis 18 April 2024

Di kota tersebut, tempat tinggal lebih dari 2 juta orang penampungan termasuk ratusan ribu warga Suriah yang melarikan diri selama perang negara itu sejak tahun 2011 lalu.

Badan Survei Geologi AS mencatat, bahwa daerah tersebut berisi banyak bangunan yang dibangun dari batu-bata atau beton-rapuh dan sangat rentan terhadap goncangan gempa.

============================================================
============================================================
============================================================