GEMPA TURKI-2
Korban Turki terus bertambah, tim penyelamat terus melakukan pencarian korab. (Foto : Anadolu)

BOGOR-TODAY.COM Korban tewas akibat Gempa Turki yang melanda hingga Suriah pada Senin terus mengalami peningkatan, tercatat korban jiwa mencapai 7.800 orang meninggal dunia.

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan mengumumkan keadaan darurat, siaga selama 3 bulan di 10 provinsi yang terkena dampak Gempa Turki yang telah menelan ribuan korban meninggal dunia.

Ironisnya, tim yang membawa logistik kesulitan masuk ke negara Suriah yang sedanag berkonflik, padahal ribuan korban meninggal dunia akibat Gempa Turki dan jutaan lainnya membutuhkan pertolongan.

Lebih dari 12.000 personel pencarian dan penyelamatan Turki bekerja di daerah yang terkena dampak Gempa Turki, dengan menerjunkan 9.000 tentara. Dan lebih dari 70 negara telah menawarkan tim penyelamat dan bantuan lainnya.

BACA JUGA :  Simak Daftar Pebulu Tangkis Indonesia di Thomas Cup dan Uber Cup 2024

Diberitakan sebelumnya, Gempa Turki besar mengguncang Turki Tenggara pada Senin 6 Februari 2023 pukul 04.17 pagi bagian Turki. Gempa Turki tersebut berkekuatan 7,8 SR hingga dirasakan di beberapa provinsi di Timur Tengah salah satunya Suriah.

Melansir Timetoday.id dari Instagram @net2netnews, laporan sementara Gempa itu merobohkan sejumlah bangunan.

Menurut Survei Geologi AS, Gempa berpusat sekitar 33 kilometer (20 mil) dari Kota Gaziantep. Jaraknya sekitar 26 kilometer (16 mil) dari kota Nurdagi.

Gempa Turki itu berpusat dikedalaman 18 kilometer. Selain itu, Gempa susulan juga telah terjadi dengan kekuatan 6,7 Magnetudo, dengan kuat bergemuruh sekitar 10 menit kemudian.

BACA JUGA :  Minuman Pelepas Dahaga dengan Es Cincau Serut Gula Merah yang Manis Pas

Badan Penanggulangan Bencana dan Darurat Turki, AFAD, mengatakan Gempa itu berpusat di kota Pazarcik, Provinsi Kahramanmaras dengan berkekuatan 7,4 SR.

Selain itu, terdapat beberapa bangunan runtuh di Provinsi Malatya, Diyarbakir dan Malatya, lapor televisi HaberTurk. Sementara untuk itu belum ada laporan terkait korban.

Media pemerintah Suriah melaporkan bahwa Gempa juga dirasakan di Lebanon dan Suriah. Beberapa bangunan runtuh di kota utara Aleppo dan pusat kota Hama.

Di Damaskus, gedung-gedung berguncang dan banyak orang turun ke jalan karena ketakutan.

Gempa Turki mengguncang penduduk Suriah dan ribuan bangunan selama sekitar 40 detik. Banyak korban warga yang meninggal dunia baik di turki maupun Suriah. (**)

Bagi Halaman
============================================================
============================================================
============================================================