3 Wisata Sejarah Sekitar Danau Toba yang Wajib Kalian Kunjungi

Museum satu ini adanya di Desa Tomok, Kecamatan Simanindo, Kabupaten Samosir. Lokasinya tepat di ujung perlintasan menuju pasar cenderamata Tomok dan kuburan tua Raja Sidabutar.

Bentuk bangunan museum memakai arsitektur khas Batak yang dikenal sebagai Rumah Bolon atau rumah adat Batak Toba khusus untuk para raja dan keluarganya.

Koleksi museum yang dipamerkan terkait dengan kehidupan masyarakat di Toba pada masa lampau seperti alat-alat pertanian, peralatan makan dari porselen, peralatan memasak, dan aneka patung sebagai wadah persembahyangan. Ikut dipamerkan juga peralatan perang masa lampau seperti pedang besi.

Kalau mau berkunjung ke museum ini jangan lupa perhatikan jam operasionalnya, ya! Karena buka pukul 8.00 WIB dan tutup sekitar pukul 20.00 WIB dan buka setiap hari.

1Museum TB Silalahi

meseum tb silalahi

TB Silalahi adalah pensiunan jenderal bintang tiga TNI-AD yang berdarah asli Batak Toba. Semasa hidupnya, pria bernama lengkap Tiopan Bernhard Silalahi itu merupakan tokoh nasional dan pernah menjabat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara era 1993–1998.

BACA JUGA :  Menu Makan Malam dengan Bihun Goreng Sapi yang Lezat Gurih dan Praktis

Dia pulalah yang menggagas museum yang berada di TB Silalahi Center tersebut. Letaknya di Desa Silalahi, Kecamatan Balige, Kabupaten Samosir, atau tak jauh dari Kompleks Kantor Bupati Toba Samosir dan makam Raja Sisingamangaraja XII. Museum ini terbagi dua bangunan, satu bernama Museum Batak dan lainnya adalah Museum Jejak Langkah dan Sejarah TB Silalahi.

Tepat di halaman luar, ditampilkan aneka bangunan rumah adat seperti sebuah perkampungan (huta), baik dari suku Batak Toba, Karo, yang telah berusia ratusan tahun. Uniknya, di sini juga ada tongkonan, yaitu rumah adat Toraja.

Museum Tomok juga berada di kompleks TB Silalahi Center. Seperti halnya Museum Tomok, Museum Batak juga berisi koleksi aspek kehidupan masyarakat Batak tempo dulu serta aneka pakaian adat yang digunakan sampai sekarang.

Sedangkan museum pribadi TB Silalahi isinya sejumlah barang yang pernah digunakan TB Silalahi termasuk bintang jasa, tanda kehormatan, dan kenang-kenangan dari para sahabatnya di seluruh dunia. Terdapat pula koleksi mobil, motor, sepeda ontel, dan senjata yang pernah dipakai TB Silalahi semasa hidup. Ikut dipamerkan pula koleksi ribuan buku bacaan milik TB Silalahi.

BACA JUGA :  JJB Terbitakan Tatib Dan Reshuffle Keanggotaan 

Pada salah satu sisi bangunannya, kita dapat menyaksikan keindahan Danau Toba dari ketinggian. Selain itu, di halaman luar museum ada juga ditampilkan patung anak menaiki kerbau dan prasasti dalam bahasa Batak dan peralatan militer seperti helikopter TNI-AD jenis Bell-105 dan artileri berat seperti tank ringan Yonkav-8 dan meriam anti pesawat.

Tarif masuk ke tempat ini Rp5.000 untuk anak-anak dan Rp10.000 untuk orang dewasa. Sedangkan turis asing dikenai biaya Rp50.000 per orang. Museumnya buka setiap hari dari pukul 8.00 WIB sampai pukul 18.00 WIB. (*)

 

Halaman:
« 1 2 » Semua